10 Manfaat Struktur Organisasi yang Baik

Struktur organisasi adalah sebuah bentuk susunan dari posisi-posisi yang ada di sebuah organisasi. Meskipun ada banyak struktur organisasi yang bisa diadopsi oleh sebuah organisasi, organisasi yang terstruktur dengan baik memiliki banyak manfaat.

10 Manfaat Struktur Organisasi yang Baik

Berikut adalah beberapa manfaat dari sebuah struktur organisasi yang baik.

  • Organisasi yang terstruktur dengan baik akan memberikan dasar yang kuat untuk sebuah perencanaan yang efektif. Hal ini disebabkan karena tujuan yang ditetapkan dengan jelas dan sumber daya diidentifikasi dengan jelas, baik perencanaan jangka pendek atau jangka panjang dan strategi yang dibuat menjadi lebih terfokus dan realistis.
     
  • Dalam struktur organisasi yang baik, konflik antar individu dijaga seminimal mungkin karena setiap orang diberi tugas tertentu untuk dikerjakan, diberikan tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan itu.
     
  • Organisasi yang baik akan mengurangi hal tumpang tindih atau penggandaan pekerjaan. Penggandaan tugas terjadi jika distribusi pekerjaan tidak diberikan dengan jelas dan pekerjaan dikerjakan secara sembarangan dan tidak teratur. Struktur organisasi yang baik membutuhkan identifikasi tugas dan distribusi tugas yang jelas, sehingga tidak ada pekerjaan yang dikerjakan dua kali.
     
  • Ketika organisasi terstruktur dengan baik, tentunya akan menghasilkan peningkatan kerja sama dan rasa bangga di antara anggota organisasi. Jika seorang individu diberikan kebebasan yang cukup dalam mempertanggung jawabkan otoritasnya, akan mengembangkan rasa kemandirian dan dapat meningkatkan semangat kerja.
     
  • Masalah dalam organisasi kemungkinan terjadi contohnya seperti ketika kita tidak mengetahui dengan jelas siapa yang bertanggung jawab atas suatu pekerjaan. Tetapi, dalam organisasi yang baik, di mana tanggung jawab ditetapkan dengan jelas, hal ini tidak akan terjadi.
     
  • Ketika organisasi memiliki struktur yang baik, posisi dari individu relatif lebih mudah untuk diketahui, telah sampai mana individu tersebut menyelesaikan pekerjaaan. Tidak hanya itu, ketika pekerjaan didistribusikan dengan baik, promosi untuk setiap individu organisasi juga dapat ditetapkan dengan jelas.
     
  • Organisasi yang baik dapat membantu dalam pengupahan dan administrasi gaji. Penjadwalan gaji dan pembagian gaji yang merata didasarkan pada seberapa bagus dan efisien pekerjaan tersebut dikerjakan. Jika persyaratan dalam sebuah organisasi ditetapkan dengan baik, maka kenaikan gaji untuk setiap individu atau pekerjaan akan lebih mudah untuk ditentukan.
     
  • Dalam sebuah organisasi yang baik, komunikasi menjadi lebih mudah di semua tingkat hierarki organisasi karena jalur komunikasi dan otoritas telah teridentifikasi dengan jelas. Komunikasi dalam sebuah organisasi menjadi lebih jelas dan mudah serta menghilangkan ambiguitas dalam organisasi.
     
  • Struktur organisasi yang baik dapat memfasilitasi pencapaian tujuan melalui koordinasi yang tepat. Struktur organisasi yang baik memiliki sistem ‘cek dan seimbang’ sehingga kemajuan menuju pencapaian sebuah tujuan akan dievaluasi sepanjang waktu sehingga penyesuaian yang diperlukan dapat dibuat dan setia[ keputusan baru yang diperlukan dapat diambil.
     
  • Organisasi yang terstruktur dengan baik dapat meningkatkan semangat kerja. Selain itu pengakuan atas keterampilan dan penghargaan karyawan juga dapat mudah terlihat. Hal ini akan mengembangkan inisiatif dan inovasi untuk para anggota organisasi. 

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen