3 Contoh Tanda Rambu Lalu Lintas untuk Panduan Berkendara di Jalan

ilustrasi rambu lalu lintas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sampai saat ini mungkin masih ada beberapa masyarakat Indonesia yang belum bisa mengerti dan memahami rambu lintas dengan baik dan benar meski sudah dilengkapi dengan gambar sekalipun. Gambar rambu lalu lintas atau yang sering disebut dengan istilah traffic sign pada umumnya sudah terpasang di sepanjang jalan dan bukan merupakan sebuah hiasan. Dan perlu diketahui bahwa adanya rambu-rambu tersebut memiliki banyak sekali arti penting yang wajib dipahami dan ditaati oleh para pengguna jalan. 

Bisa dibayangkan tanpa adanya rambu lalu lintas yang biasa kita jumpai di pinggir jalan di setiap wilayah yang ada di Indonesia, maka akan terjadi beberapa masalah bagi para pengguna jalan misalnya seperti para pengguna jalan tersebut bisa tersesat dan bahkan mungkin bisa terjadi hal yang tidak diinginkan yakni terjadinya laka lantas.

Maka dari itu, sebagai pengguna jalan sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita semua untuk memahami dan mengerti tentang arti dari setiap gambar rambu lalu lintas yang ada di pinggir jalan.

ilustrasi rambu lalu lintas

Dari setiap gambar rambu lalu lintas yang jumlahnya tidak sedikit tersebut pastinya memiliki arti masing-masing yang harus dipahami baik-baik dan harus bisa membedakannya. Jika misalnya Anda sudah paham dan mengerti tentang sekian banyak rambu lalu lintas yang ada di jalan raya maka akan aman bagi Anda. Untuk yang belum paham dan mengerti, berikut ini adalah beberapa contoh rambu lalu lintas dengan gambar lengkap dengan artinya: 

  • Rambu peringatan 

ilustrasi rambu peringatan

Adalah jenis rambu lalu lintas yang jika disesuaikan dengan namanya maka rambu lalu lintas ini memiliki arti yakni memberikan peringatan bagi para pengguna jalan. Dan biasanya untuk isi dari rambu peringatan tersebut adalah seperti kondisi jalan atau bisa juga kemungkinan bahaya yang bisa ditemui oleh para pengendara jika melintasi jalan tersebut. Beberapa contohnya adalah seperti rambu arah jalan menikung, rambu di depan ada tanjakan, kondisi jalan yang bergelombang dan masih banyak lagi. 

 

  • Rambu larangan 

14 gambar tanda rambu peringatan

Selain rambu peringatan juga ada yang namanya rambu larangan. Rambu ini memiliki arti yang sesuai dengan namanya yakni memberikan larangan keras bagi para pengguna jalan untuk tidak melewati atau melintas jalan tersebut. Tidak berbeda dengan rambu lainnya, rambu larangan secara garis besar terbuat dari plat besi dan alumunium tebal dan biasanya gambarnya adalah berupa lingkaran dasar warna putih dan tulisan serta gambar yang berwarna merah atau garis tepi warna merah. Sebagai contohnya jika dilarang parkir maka biasanya ada gambar huruf P diberi garis silang. 

 

  • Rambu perintah 

ilustrasi rambu perintah

Yakni merupakan jenis rambu yang harus ditaati oleh para pengguna jalan dengan baik-baik dan sesuai dengan gambar yang ada pada papan rambu. Sebagai contohnya adalah untuk rambu perintah yakni berisi tentang adanya batas minimum untuk beban kendaraan yang diberikan izin atau diperbolehkan atau terkadang juga ada peringatan rantai ban, atau bisa juga perintah mematuhi arah yang ditunjuk. 

Selain beberapa jenis rambu yang sudah disebutkan di atas, ada juga jenis rambu lain yang sangat penting untuk dijadikan sebagai perhatian yakni rambu petunjuk dan rambu papan tambahan. Kedua jenis rambu lalu lintas ini pastinya juga tidak kalah penting dari beberapa jenis yang sudah disebutkan di atas. Jadi intinya adalah dalam berkendara atau menggunakan jalan raya, supaya aman tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan mengerti dan memahami rambu lalu lintas dengan baik.

Sumber : Cartalog ID

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen