3 Jenis Kelengkeng Dataran Rendah

Kelengkeng adalah tanaman buah lerak-lerakan yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Buah yang satu ini memiliki penampilan seperti anggur, dengan bentuk buah yang bulat dan berbentuk dompolan-dompolan. Kulit buahnya berwarna coklat kecuali kelengkeng merah, dengan daging buah berwarna putih atau bening. Buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan juga menyegarkan.

Buah kelengkeng diketahui memiliki berbagai jenis dengan karakter yang berbeda-beda. Jika anda ingin membudidayakan bibit keleng dan tinggal di wilayah dataran rendah. Ada beberapa jenis kelengkeng unggul yang bisa ditanam pada wilayah dataran rendah, serta mampu tumbuh dan berbuah dengan lebat. Berikut adalah jenis kelengkeng yang dapat ditanam pada wilayah dataran rendah.

1.    Kelengkeng Merah

Kelengkeng merah merupakan tanaman buah kelengkeng yang unik, jika anda biasanya menemukan kelengkeng memiliki kulit berwarna coklat. Kelengkeng yang satu ini memiliki warna buah merah berbeda dengan jenis kelengkeng yang lain. Bukan hanya buahnya, tetapi seluruh bagian dari bibit kelengkeng merah memiliki warna merah yang gelap.

Kelengkeng unik yang satu ini juga memiliki pohon yang banyak keunggulannya. Pohon kelengkeng merah cepat berbuah, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 – 3 tahun hingga bibit kelengkeng merah mulai berbuah. Selain kelengkeng merah cepat berbuah, kelengkeng ini juga memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Jadi bibitnya dapat ditanam pada wilayah dataran rendah maupun dataran tinggi.

2.    Kelengkeng Aroma Durian

Bagi anda pecinta buah durian ada satu jenis buah kelengkeng yang bisa anda coba, yaitu adalah kelengkeng aroma durian. Kelengkeng yang satu ini memiliki perpaduan rasa kelengkeng yang lezat dengan sensasi aroma durian yang mantap. Jika anda menyantap buah durian yang satu ini anda akan merasakan juga rasa durian karena mencium aromanya.

Selain aroma buahnya yang mirip durian, kelengkeng yang satu ini juga memiliki buah yang termasuk besar, dalam kondisi sehat buah kelengkeng aroma durian dapat mencapai ukuran kelengkeng pingpong, dengan percabangan yang banyak. Kelengkeng aroma durian juga terkenal karena dapat ditanam pada wilayah daerah dataran rendah. Jadi bagi anda yang ingin menanam pohon kelengkeng ini namun berada pada wilayah dataran rendah anda tidak usah khawatir karena anda juga bisa menanam pohonnya.

3.    Kelengkeng Kristal

Sesuai dengan namanya, kelengkeng yang satu ini memiliki buah dengan warna yang bening seperti kristal, itulah alasan kenapa nama buahnya kelengkeng kristal. Kelengkeng yang satu ini sangat disukai oleh banyak orang karena memiliki rasa yang manis dan segar, selain itu aroma kelengkeng kristal juga sangat harum dan menggoda.

Kelebihan dari pohon durian yang satu ini adalah saat satu tandan berbuah maka seluruhnya juga akan berbuah serentak. Kelengkeng kristal juga termasuk ke dalam jenis kelengkeng modern karena memiliki bunga jantan dan betina dalam satu pohon. Kelengkeng kristal diketahui dapat tumbuh pada wilayah dataran rendah dan dataran tinggi, jadi anda yang tinggal di daerah dataran rendah tidak perlu takut karena anda juga bisa menanam buah yang satu ini.

 

Demikianlah 3 jenis kelengkeng dataran rendah yang dapat tumbuh dan berbuah dengan lebat. Ke 3 jenis kelengkeng tersebut memiliki rasa yang luar biasa, bagi anda yang ingin mencoba membudidayakannya segera dapatkan bibitnya di toko-toko pertanian dekat tempat tinggal anda.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen