3 Jenis Kelengkeng yang Dapat Anda Budidayakan

Apakah anda merupakan pecinta buah kelengkeng dan ingin mencoba untuk menanam buah kelengkeng anda sendiri? Jika anda belum memiliki pengalaman dalam hal budidaya buah kelengkeng kami akan memberikan rekomendasi tentang jenis kelengkeng yang cocok untuk anda rawat. Beberapa jenis kelengkeng ini cocok untuk ditanam pada lahan perkebunan maupun menggunakan tabulampot.

Kami akan merekomendasikan kelengkeng yang genjah, subur, dan memiliki cara perawatan yang mudah. Tentu saja tidak ketinggalan kelengkeng yang memiliki rasa lezat dan istimewa. Berikut adalah beberapa jenis kelengkeng yang cocok untuk anda budidayakan.

1.    Kelengkeng Kateki

Kelengkeng kateki memiliki nama lain yaitu kelengkeng new kristal, buah kelengkeng kateki ini memang terkenal karena sangat besar. Satu tandan kelengkeng kateki bisa mencapai bobot sekitar 2 hingga 3 kg. Bibit kelengkeng kateki dapat ditanam pada wilayah dataran rendah maupun dataran tinggi sehingga anda tidak perlu khawatir dengan tingkat ketinggian tanah.

Pohon kelengkeng kateki juga terkenal karena memiliki sifat genjah alias dapat berbuah dengan cepat. Butuh waktu sekitar 2 hingga 3 tahun untuk membuahkan kelengkeng kateki. Saat sudah berusia 3 tahun berikan booster untuk merangsang pembuahan biasanya 3 minggu setelah di booster pohon akan mulai berbunga dan setelah itu akan menghasilkan buah yang banyak.

Pohon kelengkeng kateki juga diketahui memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Dalam masa paling suburnya, bibit kelengkeng kateki mampu menghasilkan buah sebanyak 100 kg dalam satu pohon untuk setiap tahunnya benar-benar istimewa kan?

2.    Kelengkeng Matalada

Kelengkeng matalada juga memiliki berbagai macam keunggulan, antaranya adalah buahnya yang memiliki biji dengan ukuran sangat kecil. Ukuran biji yang kecil ini bahkan dikatakan sekecil biji lada. Oleh karena itu buah kelengkeng yang satu ini dinamakan kelengkeng matalada.

Daging buah kelengkeng matalada juga sangat tebal, mungkin itu karena pengaruh dari bijinya yang begitu kecil. Pohon kelengkeng matalada juga diketahui memiliki sifat yang genjah alias dapat berbuah dengan cepat dan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Sehingga dengan membudidayakan kelengkeng matalada akan lebih menguntungkan anda.

3.    Kelengkeng Merah

Buah kelengkeng merah merupakan kelengkeng paling unik yang pernah saya temui. Dan saya sangat merekomendasikan anda untuk membudidayakan bibit kelengkeng yang satu ini. Kelengkeng ini sangat unik karena memiliki buah dengan kulit berwarna merah yang eksotis.

Bukan hanya itu bahkan hingga bibit kelengkeng yang satu ini juga berwarna merah. Batang dan daun dari kelengkeng merah memiliki warna merah yang sama seperti buahnya. Tapi anda tidak perlu khawatir dengan penampilan kelengkeng merah karena itu tidak mempengaruhi citarasa buahnya sama sekali.

Kelengkeng merah memiliki rasa yang sama dengan kelengkeng yang lain. hanya saja kelengkeng merah memiliki rasa buah yang tak kalah istimewa. Rasa buah kelengkeng merah sangat manis dan juga kering sehingga membuat buahnya terasa renyah. Bagi anda kami sangat merekomendasikan bibit kelengkeng ini jika anda berminat untuk membudidayakan kelengkeng.

Demikian ulasan kami mengenai 3 jenis buah kelengkeng yang cocok anda budidayakan di rumah. Bagi anda yang tertarik dapatkan bibitnya di toko pertanian seperti bibitbuahku, selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen