3 Keunggulan Durian Udang Merah Asal Malaysia

Durian Udang Merah merupakan tanaman buah durian yang memiliki grade B. Durian asal Malaysia ini sebenarnya salah satu dari sekian banyak durian unggul, namun karena namanya kalah dengan durian lain seperti musangking dan duri hitam. Maka tingkat kepopuleran durian yang satu ini pun berada di bawah.

Tapi perlahan durian udang merah mulai banyak yang melirik. Hal ini karena durian ini memiliki warna buah yang unik. Yakni memiliki warna buah yang oranye dengan semburat merah, serta bentuk ponge buah yang melengkung mirip seperti udang rebus. Aroma buah durian udang merah juga harum dan tidak terlalu kuat. Cocok bagi anda yang menyukai buah durian namun bermasalah dengan aromanya.

Keunggulan Durian Udang Merah

Durian udang merah ini juga biasa disebut sebagai durian ang he, dalam bahasa Cina Hokkien ang hae memiliki arti udang merah sama seperti nama asli buah durian ini. Sedangkan seperti yang kita tahu jika buah durian yang berasal dari Malaysia kebanyakan menggunakan kode D untuk dapat membedakan karakteristik dan jenis buahnya. Durian udang merah ini memiliki kode D175 dan sudah terdaftar di departemen pertanian Malaysia.

Durian udang merah ini memiliki berbagai macam keunggulan, beberapa diantaranya dapat anda simak di bawah ini.

1.    Memiliki Rasa Buah yang Lezat

Memang patut diakui jika durian udang merah memang dapat terkenal karena rasa buahnya yang lezat. Selain dari warna buahnya yang cantik, durian ini menghadirkan citarasa buah durian yang manis, legit, dan ada sedikit sensasi pahit setelah menelan daging buahnya. Rasa pahit tersebut berasal dari kandungan alkohol yang ada pada daging buah durian. Banyak pecinta durian di nusantara yang memang sengaja mencari buah durian dengan sensasi pahit tersebut.

Rasa lezat paling maksimal yang bisa didapatkan dari buah durian ini adalah dengan menikmatinya setelah buah benar-benar jatuh. Setelah buah jatuh, sebelum dua jam anda harus memakan buahnya. Karena proses fermentasi akan terjadi setelah dua jam buah jatuh dan akan membuat rasa lezat dari durian udang merah berkurang.

2.    Memiliki Harga Jual Yang Mahal

Durian udang merah ini sangat cocok untuk dibudidayakan, alasan dari segi ekonominya adalah karena harga durian udang merah masih tergolong mahal. Di malaysia satu kilogram durian udang merah ini dihargai hingga 30RM, harga tersebut hampir menyaingi durian musangking yang hanya sedikit lebih mahal.

Tentunya prospek budidaya durian udang merah semakin besar mengingat keuntungan yang didapatkan setelah menjual buah durian ini sangat banyak. Lagi pula durian udang merah ini juga sudah memiliki segmentasi tersendiri. Jadi saya yakin setelah beberapa tahun harganya tidak akan turun hingga jauh.

3.    Memiliki Ukuran Buah Cukup Besar

Ukuran durian udang merah memang tidak sebesar durian musangking, bawor, maupun montong. Namun ukurannya cukup untuk memuaskan anda dan teman anda yang juga sama-sama menyukai buah durian. Satu durian udang merah mampu mencapai bobot sekitar 2 – 4 kg, dengan daging buah yang lezat dan biji buah yang kecil tentu cocok untuk anda yang ingin merasakan buahnya.

 

Itulah 3 keunggulan durian udang merah yang tidak perlu anda ragukan. Jadi jika anda ingin menanam durian udang merah ini di sekitar tempat tinggal anda. Anda hanya perlu membeli bibitnya di website tanamandurian.com dan dapatkan bibit durian unggul yang sesuai dengan keinginan anda.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen