3 Metode Membuahkan Pohon Jambu Air Lebih Cepat

Tidak lengkap rasanya memakan rujak buah tanpa adanya jambu air, buah jambu memang menjadi pelengkap karena memiliki rasa yang manis dan juga tekstur buah yang renyah. Sehingga saat memakan buah yang satu ini akan terasa krenyes dan makin mantap tentunya.

Banyak sekali jenis jambu air yang ada, dimana pohonnya dapat tumbuh dan berbuah dengan baik tanpa memerlukan perlakuan khusus. Salah satunya adalah bibit jambu air citra, buah jambu air citra memiliki rasa buah yang renyah dan krenyes sehingga cocok untuk dijadikan rujak buah. Ditambah lagi sensasi juicy karena memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga lebih menyegarkan.

Tahukah anda jika pohon jambu citra yang genjah juga dapat dibuahkan lebih cepat menggunakan beberapa metode. Jika anda ingin tahu mari kita bahas metode apa saja yang bisa digunakan untuk membuahkan jambu air citra.

 

1.    Memangkas Tunas Air

Tunas air adalah tunas-tunas yang baru tumbuh dan biasanya tidak menghasilkan bunga maupun buah. Kehadiran tunas air ini hanya akan mengambil nutrisi yang seharusnya dialirkan ke seluruh bagian tubuh dari pohon jambu air citra.

Tunas air hanya akan menjadi parasit yang memakan energi yang seharusnya bisa menjadi bunga dan buah. Dengan memangkas tunas air nutrisi akan fokus pada pembuahan dan memunculkan bunga dengan segera.

 

2.    Melakukan Penjarangan Daun

Untuk melakukan penjarangan daun anda hanya perlu memotong daun-daun yang sudah tua, kurangi daun pada cabang-cabang yang akan menghasilkan buah dan sisakan hanya pada bagian ujungnya untuk melakukan fotosintesis. Setelah daun tua dipangkas maka pendistribusian nutrisi akan berlangsung ke seluruh tubuh dari pohon jambu air citra. Dan nantinya cabang-cabang baru akan menghasilkan bunga dan buah.

 

3.    Stres air dan pemupukan

Jika anda menanam pada media tabulampot maka percobaan menggunakan stress air sangat dianjurkan. Banyak ahli yang mengatakan jika metode stress air ini sangat besar kemungkinan berhasilnya saat dilakukan pada tanaman jambu air yang ditanam pada media tabulampot.

Cara pengaplikasian metode ini pun sangat mudah, anda hanya perlu memperhatikan tanaman jambu air yang anda miliki. Kemudian stop penyiraman sampai pohon jambu air anda layu dan tanahnya mengering. Saat sudah berada pada fase ini anda bisa mulai memberikan air secukupnya. Hanya untuk membuat jambu air citra tetap bertahan hidup.

Kemudian berikan pupuk untuk mendorong terjadinya pembungaan dan pembuahan, berikan pupuk kocor yakni MKP dan KNO3. Berikan pupuk tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan, jika bunga yang tumbuh di pohon sudah mulai banyak maka penyiraman secara normal sudah bisa dilakukan.

Untuk melakukan metode stress air ini dapat berhasil ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yakni salah satunya adalah memastikan bahwa bibit jambu air citra sudah berada pada masa generatif. Dimana pohonnya sedang tidak memproduksi cabang atau tunas-tunas baru, karena jika tidak bukannya malah berbuat tetapi pohon jambu air citra anda bisa rusak dan mati.

 

Jadi demikianlah cara yang bisa anda gunakan untuk membuat pohon jambu air citra anda dapat berbuah dengan lebih cepat. Jika anda ingin mencoba menanam jambu air citra anda bisa memesannya di bibitbuahku.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen