4 Tips Budidaya Ikan Tawes Budget Minim

4 Tips Budidaya Ikan Tawes Budget Minim

Budidaya ikan tawes menjadi salah satu pilihan populer karena penggemar ikan yang satu ini memang cukup banyak. Ikan tawes terkenal dengan daging kenyal. Walaupun tinggal di area anak sungai atau sungai dan rawa, anda bisa melakukan budidaya ikan tersebut dengan budget minim dengan tips-tips berikut ini.

1. Seleksi Induk Tawes

Pilih indukan berkualitas, jantan dan betina. Jantan idealnya harus usia satu tahun, sedangkan betina usia minimal 1,5 tahun. Indukan jantan siap kawin pasti punya tutup insang kasar. Tes dengan urut bagian perut ke ekor ikan. Jika muncul cairan putih, ikan tersebut siap kawin.

Ciri lain induk betina siap kawin yaitu alat reproduksi kemerahan, licin pada bagian tutup insang, jika diurut bagian perut akan mengeluarkan cairan hitam, perut lembek.

2. Kolam Pemijahan Ikan Tawes

Letakkan 1 betina 2 jantan ikan tawes pada kolam pemijahan. Atur ketinggian air hingga 20 cm. Letakkan semua ikan tersebut saat pagi hari, dan perkawinan terjadi saat malam hari.

Jika besok paginya tampak butiran-butiran telur pada dasar kolam, kurangi arus air kolam supaya telur tidak hanyut dan hilang. Tunggu sampai tiga hari, dan telur akan menetas. Hindari memindahkan semua anak ikan sebelum usia 21 hari. Beri pakan kutu air sejak awal ikan menetas.

4 Tips Budidaya Ikan Tawes Budget Minim

3. Pemindahan Benih Ikan Tawes

Jika sudah 21 hari pada kolam pemijahan serta kolam penetasan, ukuran anakan lebih besar. Waktunya anda memindahkan ke kolam pendederan.

Teknik khusus dalam menangkap anak ikan tawes agar lebih mudah yaitu mengurangi volume air pada kolam. Selanjutnya, pakai jaring kecil atau waring, tangkap dan pindahkan pada kolam pendederan.

Anda bisa menjual benih ikan tawes ke peternak pembesaran. Atau, anda bisa melanjutkan proses budidaya ikan tawes sampai pembesaran.

4. Pembesaran Ikan Tawes

Agar ikan mampu tumbuh berkembang lebih baik, beri ruang gerak lebih luas. Siapkan kolam dengan 1 meter kubik air hanya untuk 4 ekor benih tawes ukuran maksimal 8 cm.

Perhatikan kadar oksigen supaya ikan tawes bisa bernafas dan jaga suhu air supaya tidak terlalu panas. Berikan pakan ikan tawes supaya cepat besar dengan daging ayam atau jeroan sapi halus, kangkung, daun singkong, dan dedak. Beri pakan secara selang-seling, bisa juga dicampur.

Ikan tawes dapat anda panen saat usia sudah 6 bulan. Untuk pemula, sebaiknya mulai dari dua ekor indukan, jika mulai berhasil, tingkatkan investasi budidaya ikan tawes. Dan jika anda ingin mengetahui tips-tips yang lain langsung saja cek di Suksespedia.

About the Author: adminalbertcohen