5 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

kucing tidak mau makan

Kucing merupakan salah satu hewan yang suka makan, bahkan meski sudah kita kasih makan tapi kalau lihat kita megang sesuatu, mereka langsung mengeong seolah olah ingin memintanya.

Namun meski begitu, namanya juga makhluk hidup, kadang kala kucing tidak mau makan. Dan atas hal itu, kita sebagai pemiliknya dibuat bingung dan khawatir akan gangguan kucing tersebut.

Pasalnya hewan kan tidak bisa kita ajak bicara, jadi kalau ada kucing yang tidak mau makan, maka kita harus berusaha sendiri untuk mencari tahu penyebabnya.

kucing tidak mau makan

Lalu setelah tau, baru nanti kita pikirkan solusi apa yang terbaik yang bisa kita lakukan. Ok langsung saja ke pembahasanya.

Berikut ini informasi yang saya lansir dari myhewan mengenai penyebab kucing tidak mau makan dan solusi terbaiknya :

1. Mulut Kucing Bermasalah

Penyebab pertama yang bisa mengakibatkan nafsu makan kucing menjadi berkurang adalah adanya gangguan pada mulutnya. Gangguan ini bisa berupa sariawan, sakit gigi, maupun adanya duri yang nyangkut di tenggorokan.

Jika karena sariawan maupun sakit gigi, maka solusi terbaiknya adalah dengan cara memberikan obat kepada kucing. Sedangkan bila karena duri, maka hal yang bisa kita lakukan adalah membantu mengeluarkannya.

2. Kucing Mengalami Sakit

Nah, selain karena masalah di atas, kucing yang kehilangan nafsu makanya juga bisa karena sakit. Seperti kucing masuk angin, kucing flu, kucing pilek, dan sebagainya.

Nah apabila kucing Anda ternyata mengalami sakit, maka paling mungkin penyebabnya adalah hal tersebut. Lalu untuk solusinya adalah memberikan obat kepada kucing. Jika diperlukan, tambahkan juga vitamin kucing pada menu makan nya.

3. Proses Penggantian Makanan

Saat proses penggantian makanan, biasanya kucing yang tidak cocok dengan makanan barunya akan ngambek dan tidak mau memakannya.

Bila kucing tidak mau makan terjadi berbarengan dengan proses pergantian makanan kucing dari merk a ke merk b. Maka coba ganti lagi makanan kucing ke merk b, bila ternyata kucing mau makan lagi. Maka kemungkinan besar penyebabnya adalah pergantian makanan.

4. Kucing Sedang Stress

Tak hanya pada manusia, kucing pun bisa mengalami stress. Dan salah satu tanda stress adalah kucing kehilangan nafsu makan nya. Bila kucing terlihat murung, berubah jadi pasif, terlihat ketakutan, dan tidak mau makan.

Mungkin saja kucing sedang stress. Solusinya coba kandangkan kucing, dan selalu isi tempat makannya. Alasan kenapa kucing harus kamu kandangkan dulu, adalah untuk memastikan keamanan kucing. Takutnya, penyebab stress kucing adalah karena takut akan sesuatu hal, misal anjing tetangga, kucing tetangga, atau karena beberapa waktu belakangan telah mengalami perlakuan kasar dari seorang manusia.

Dengan ditaruhnya kucing ke dalam kandang, maka setidaknya mengamankan kucing dari hal hal demikian. Baru nanti sambil dilihat, bila masih ogah makan. Coba bawa ke dokter hewan.

5. Kucing Sedang Birahi

Salah satu tanda kucing sedang birahi memang biasanya jadi gak mau makan. Kalau udah begini ya paling cocok segera carikan pasangan. Atau kalau nggak, sediakan makanan kucing yang bagus untuk kucing yang sedang birahi. Biar mau makan.

 

Ok segitu dulu yah. Terima kasih.

About the Author: adminalbertcohen