5 Tips Menulis Artikel yang Berkualitas dan Mengesankan Pembaca

Pada dasarnya, semua orang bisa menulis artikel untuk mengungkapkan pendapatnya.  Hal ini tidak akan mudah dilakukan jika tidak dilatih terlebih dahulu. Penulis harus memperluas wawasan dan menambah pengetahuannya untuk mendalami materi yang dituliskan. Ada pula tips menulis artikel untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas, menarik dan enak untuk dibaca, antara lain:

1. Menentukan Topik yang Menarik untuk Dibahas

Seorang penulis yang ingin tulisannya memiliki nilai jual tinggi, harus mampu menentukan topik bacaan sesuai dengan kondisi saat ini. Hal ini berarti tulisannya tidak membahas sesuatu yang tak ada hubungannya dengan keadaan saat itu. Penentuan topik ini bisa dilakukan dengan mengumpulkan beragam ide yang menarik untuk dibahas.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencari topik bacaan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk risetnya. Mulai dari mencari ide dari konten youtube dan web resmi lainnya. Ide itu diolah menjadi topik yang menarik untuk dikembangkan pada tahapan berikutnya hingga menjadi tulisan yang mengandung informasi bagi pembacanya.

2. Buat Judul Artikel yang Mudah Dipahami

Pada saat topik yang diperoleh sudah diriset tergolong banyak peminat yang membacanya, maka ubahlah menjadi judul yang mengesankan. Penulis sebaiknya memperhatikan tips menulis artikel pada bagian ini, karena judul itu hal terpenting dalam membuat artikel. Hal ini berarti tidak boleh sembarangan dalam menulis judul.

Berikan kesan positif pada judul yang dibuat. Gunakan kata-kata yang mudah untuk dipahami oleh semua kalangan. Pada saat menulis judulnya, pastikan sesuai dengan permasalahan yang akan dibahas. Jangan melebihkan kata-kata yang membuat pembaca menjadi bingung. Judul yang baik itu jelas penekanannya dan tertuju pada maksud penulisan.

3. Pasang Gambar yang Mendukung Isi Artikel

Ketika ingin menarik perhatian pembaca, hal lain yang bisa dilakukan adalah memasang gambar yang sesuai dengan isi dari artikel itu. Ada banyak ilmu yang bisa diperoleh dalam mengembangan diri saat menulis. Usahakan gambar yang dibuat itu sesuai dengan isi yang ada pada artikel. Memilih gambar yang menarik dengan resolusi yang tepat adalah kunci dari keindahan suatu artikel.

4. Memberikan Kalimat Pembuka yang Mengesankan

Bikin artikel yang baik dimulai dengan membuat kalimat pembuka yang digunakan sebagai pengantar pada isi yang disampaikan. Kalimat pembuka yang baik mampu membuat orang penasaran, sehingga pembaca terpancing untuk membaca lebih lanjut.

Selain itu, buat kalimat dengan susunan yang baik dan benar. Susunan kalimat yang baik itu tersusun atas subjek, predikat dan objek. Bila perlu ditambahkan keterangan. Hal ini bertujuan agar tulisan itu menjadi jelas saat dibaca dan juga terarah. Apabila kalimat pembukanya mampu mengesankan pembaca, akan menambah nilai positif dari bacaan yang diberikan.

5. Buat Isi Artikel yang Berkualitas

Pastikan isi dari artikel sesuai dengan topik dan judulnya, jadi mampu memberikan informasi yang tepat. Bagian isi ini juga harus mengandung informasi yang dibutuhkan oleh pembaca dan bersifat mendidik. Melakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis itu penting, agar tulisan yang dihasilkan berkualitas. Pastikan semua yang tertulis sesuai fakta di lapangan.

Demikian uraian singkat mengenai tips menulis artikel yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam menulis. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam membuat tulisan yang informatif dan edukatif bagi pembacanya. Memberikan sisi positif dari setiap artikel yang dibuat sangat berguna untuk menarik perhatian pembacanya.

Jika terkendala dalam menulis artikel, bisa mencoba membeli artikel di jasa penulis artikel yang berkompeten guna mendapatkan artikel yang berkualitas. 

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen