6 Jenis Karpet Masjid yang Banyak di Gunakan

Assalamualaikum wr.wb semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan diberikan umur panjang dari ALLAH SWT. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang 6 jenis karpet masjid yang biasa digunakan oleh kebanyakan masjid. Yuk simak berikut.

Apabila anda salah satu dari petugas DKM (Dewan Keluarga Masjid) yang sedang bingung ingin mencari jenis jenis karpet masjid yang biasa digunakan di setiap masjid. Ngomongin soal karpet masjid kami sudah Tanya Tanya tentang karpet masjid dari salah satu penjual karpet masjid https://liniaji.co.id yang menjual berbagai jenis karpet dan perlengkapan masjid terlengkap dengan harga yang ditawarkan cukup murah serta terjangkau, ada 3 jenis karpet masjid yang biasanya kita jumpai di pasaran. Salah satu dari ini mungkin sering anda jumpai di setiap masjid-masjid atau mushola di sekitar anda. Apa saja jenisnya? berikut ini jenis karpet masjid yang biasa digunakan.

      1. Jenis karpet masjid lokal

Karpet masjid jenis ini yaitu jenis karpet lokal yang biasa paling banyak kita temukan di masjid atau musholla, salah satu merknya yaitu madeena yang bergambar foto depan masjid. Banyak dkm masjid memilih karpet ini selain harganya murah mulai dari 75rb per meter atau 450rb per roll, dengan ketebalan kurang lebih 4mm, karpet ini banyak diminati. Ukuran karpet ini biasanya per roll dengan lebar 1,05 meter dan dengan panjang 5,7 meter. Ada juga yang ukuran 1,2 meter lebarnya dan 6 meter untuk panjangnya.

Banyak dkm memilih karpet ini selain harganya murah juga stok barang banyak, jadi dikemudian hari ini apabila ingin membeli untuk menambah ruangan lainnya agar serasi tidak berbeda beda motif dalam 1 masjid stok karpet ini masih ada.

Selain merk madeena karpet lokal ini juga terdapat merk lainya yaitu diantaranya merk karpet masjid iranshar, kingdom, dynasti, almira dan masih banyak jenis merk karpet masjid.

     2. Jenis karpet masjid turki

Sesuai dengan namanya karpet ini memang karpet import langsung dari turki. Untuk kualitas tidak perlu diragukan lagi karpet ini cukup bagus, diatas karpet yang sebelumnya kami bahas. Karpet masjid turki ini memiliki spesifikasi untuk ketebalan karpet mulai dari 13mm sampai dengan 22mm, karpet ini sangat nyaman saat digunakan dengan serat karpet yang lembut cocok untuk menambah kekhusyu’an dalam melaksanakan ibadah. Untuk masalah harga karpet ini sedikit lebih mahal mengingat kualitas karpet jenis ini terbilang bagus. Karpet jenis ini biasa anda temui sebagai karpet masjid Jakarta atau karpet kota-kota besar lainnya yang ada di Indonesia.

Karpet turki ini memiliki merk yang beragam yaitu diantaranya merk dubai, grand mosque, Persian, bluemosque, platinum, royal tebriz, supermosque, super tebriz dan masih banyak lagi.

     3. Jenis karpet masjid Custom (khusus) atau handmade

Karpet jenis ini terbilang terbaik karena kita sebagai dkm bisa menentukan sendiri spesifikasinya mulai dari warna, ukuran, ketebalan dan juga motif khusus sesuai yang diinginkan misalnya anda ingin logo masjid di tengah ruangan. Karpet custom dibuat secara manual menggunakan mesin rajut manual berbeda dengan jenis 2 karpet yang sudah kita bahas. Jika anda kurang cocok dengan karpet lokal atau karpet turki mengingat motif atau warna kurang cocok dengan interior masjid atau musholla anda. Karpet jenis ini sangat cocok dipilih, karna anda bisa menentukan sendiri motif, warna dan ketebalannya.

Tapi dibalik kelebihan itu karpet jenis ini memiliki kekurangan yaitu dalam proses pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama, waktunya maksimal bisa sampai 2 bulan untuk 100 meter karpetnya.

Itu dia 3 jenis-jenis karpet, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Untuk 6 jenis karpet masjid yang banyak digunakan yaitu merk madeena, almira iranshar untuk karpet lokal dan merk dubai, al-aksa, supermosque untuk karpet turki.

About the Author: adminalbertcohen