AC Mudah Rusak? Ikuti Langkah Perawatan Berikut!

Sering mengganti AC karena rusak memang menjadi hal yang paling menyebalkan. Oleh karena itu, melakukan perawatan AC mudah rusak sangat penting untuk diketahui. Terlebih lagi saat ini AC merupakan salah satu perabot rumah yang penting untuk dimiliki karena udara di Indonesia semakin lama yang semakin panas.

Untuk bisa mengetahui bagaimana cara perawatan AC mudah rusak, terlebih dahulu anda harus mengetahui tentang berbagai penyebab kenapa AC bisa rusak. Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan AC mudah rusak, sekalipun AC yang anda miliki merupakan AC dengan merk ternama dengan fitur yang lengkap. Menurut informasi dari Mawar Jaya Tehnik, inilah beberapa penyebab AC mudah rusak beserta cara mengatasinya :

  • Rutin Membersihkan dan Mengganti Filter

Jika AC digunakan setiap hari, dianjurkan untuk membersihkan atau mengganti filter setiap satu bulan sekali. Namun, jika AC tidak sering digunakan maka cukup membersihkan atau mengganti filter setiap 3 bulan sekali. Filter yang tidak dibersihkan atau diganti secara rutin akan menyebabkan AC mudah rusak.

  • Menjaga Kebersihan Coil (Kumparan) AC

Selain kondisi filter yang harus selalu bersih, bagian lain yang sering menyebabkan AC mudah rusak karena tidak dijaga kebersihannya adalah Coil (kumparan) AC. Bagian ini merupakan komponen yang sangat penting dari sistem AC. Komponen ini berfungsi untuk membantu refrigerant menyerap panas sehingga dapat mendinginkan udara di dalam ruangan. Jika komponen ini rusak, maka AC tidak bisa berfungsi.

  • Memastikan AC Tidak Kekurangan Freon

AC yang kekurangan freon akan mengakibatkan suhu udara dalam ruangan menjadi kurang dingin meskipun suhu yang diatur sudah paling rendah. Oleh sebab itu, pastikan freon dalam kondisi tidak kosong dan diisi ulang sesuai dengan intensitas penggunaan AC.

  • Jangan Mengganti Suhu Udara Secara Drastis

Jangan membiasakan untuk mengganti suhu udara secara drastis dengan intensitas waktu yang sering. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena akan membuat tekanan ada AC bertambah karena harus mengubah kecepatan secara tiba-tiba yang akan membuat AC menjadi ekstra bekerja dan mudah rusak.

Nah, itu dia berbagai penyebab dan cara perawatan AC mudah rusak yang ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Selain melakukan perawatan secara rutin, anda juga sangat perlu untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan AC menjadi lebih mudah rusak. AC yang mudah rusak akan menimbulkan kerugian karena harus sering di perbaiki bahkan harus terpaksa diganti dengan yang baru.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen