Apa itu Akuntansi Keuangan dan Fungsinya

pengertian akuntansi

Akuntansi keuangan adalah bidang ilmu akuntansi yang berfungsi dalam hal perhitungan keuangan bisnis, misalnya untuk melihat keuntungan (profit) bisnis, mengetahui penggunaan arus kas perusahaan. Laporan yang dihasilkan oleh bidang akuntansi keuangan bermanfaat bagi para pemakai informasi akuntansi, untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam mengelola perusahaan dan bisnis. 

Karena laporan akuntansi keuangan bisa memberikan data real yang terjadi pada keuangan perusahaan. Perusahaan yang baik dan ingin berkembang haruslah mengandalkan data supaya bisa mengelola bisnisnya dengan baik. Melihat apa yang jadi kelebihan maupun kekurangan yang harus diperbaiki pada sistem bisnisnya.

 

Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli

pengertian akuntansi

Menurut Sugiarto, akuntansi keuangan merupakan bidang akuntansi si yang melakukan pencatatan dan proses penyusunan laporan keuangan pada suatu perusahaan. Laporan yang dihasilkan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban pihak perusahaan kepada ada para investor maupun kepada pemilik perusahaan.

Jadi hasil akuntansi keuangan yang berupa laporan akan digunakan oleh pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan. Pihak internal meliputi pihak manajemen, karyawan dan pemilik.

Pihak eksternal meliputi pihak lembaga keuangan, pemerintah, organisasi maupun pihak auditor pajak. Jadi laporan akuntansi keuangan sangat dibutuhkan pihak-pihak tersebut sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Seperti Investor membutuhkan laporan tersebut untuk melihat perkembangan bisnis perusahaan, apakah untung atau merugi. Jika merugi, kemungkinan investor akan memberikan teguran, evaluasi maupun saran, atau yang paling ekstrim adalah meninggalkan perusahaan tersebut.

Sedangkan pihak manajemen menurut Akuntansilengkap, tentu membutuhkan laporan akuntansi keuangan untuk melihat kinerjanya selama periode tertentu, seperti yang akan kita bahas selanjutnya tentang fungsi akuntansi keuangan.

 

Fungsi Akuntansi Keuangan bagi Bisnis

Akuntansi keuangan akan memberikan informasi secara lengkap dan jelas tentang kondisi keuangan perusahaan. Informasi tersebut dilaporkan dalam laporan keuangan. Anda bisa melihat pada bagian untung dan rugi. 

Jika penjualan barang lebih banyak daripada biaya operasional dan biaya lain, maka perusahaan mendapat keuntungan, sebaliknya jika lebih banyak pengeluaran yang terjadi, maka manajemen harus melakukan evaluasi baik pada karyawan maupun dari sisi produk yang perusahaan jual.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen