Apa Itu Rumah Subsidi & Persyaratan untuk Mendapatkan Rumah Subsidi

Pengertian rumah subsidi dan manfaatnya

Jenis produk KPR subsidi menjadi produk yang memiliki banyak peminat. Dibalik itu, terdapat persyaratan khusus seperti besaran gaji pemohon untuk mengajukan pengambilan kredit rumah subsidi dimana yang menetapkan dari pihak pemerintah dan bank.

Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan apa itu rumah subsidi dan syarat gaji untuk KPR rumah subsidi pemerintah sebagai berikut.

Apa Itu Rumah Subsidi

Rumah subsidi menjadi produk KPR yang diselenggarakan pemerintah dengan target masyarakat berpenghasilan rendah. Program rumah subsidi ini memiliki sejumlah manfaat dan keuntungan bagi calon pemohon yang mengajukannya. Walaupun fasilitas pilihan rumah yang ditawarkan cukup terbatas.

Manfaat Rumah Subsidi

Perlu diketahui bahwa Pemerintah memberikan manfaat tersendiri bagi orang yang mengajukan kredit rumah subsidi ini. Misalnya pemohon bisa mendapatkan harga rumah yang lebih terjangkau dengan pilihan tenor hingga 25 tahun. Tenor angsuran sendiri dapat disesuaikan dengan kemampuan pemohon, sehingga pembayaran angsuran bisa lebih ringan.

Keuntungan Rumah Subsidi

Keuntungan yang didapatkan pemohon tidak jauh berbeda dengan manfaat yang akan dirasakan oleh pemohon ketika mengambil kredit KPR bersubsidi. Yakni mendapatkan tawaran harga yang lebih terjangkau. Selain itu, bunga kredit yang ditetapkan sangat rendah.

Pengertian rumah subsidi dan manfaatnya

Persyaratan Rumah Subsidi

Dilansir dari https://rumahsubsidicikarang.com bahwa untuk mengajukan KPR bersubsidi, calon pemohon harus merupakan Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan kepemilikan KTP asli.

Berusia minimal 21 tahun hingga 55 tahun. Penghasilan perbulan tidak lebih dari Rp8 juta. Memiliki NPWP dan SPT dari kantor pajak. Serta belum terdaftar program rumah subsidi sebelumnya.

Syarat Gaji untuk KPR Rumah Subsidi Pemerintah

Di tahun 2020, kementerian PUPR mengeluarkan peraturan baru dalam mensyaratkan gaji maksimal bagi calon pemohon KPR rumah bersubsidi. Hingga tahun ini, tercatat di akun sosial media resmi kementerian PUPR bahwa syarat gaji pemohon untuk pengajuan rumah subsidi maksimal 8 juta rupiah untuk tipe rumah sejahtera tapak dan susun. Bagi pegawai PNS/ASN yang gaji perbulannya masih dibawah 8 juta masih diperbolehkan untuk mengambil KPR subsidi dari pemerintah.

 

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai apa itu rumah subsidi dan syarat gaji untuk KPR rumah subsidi pemerintah. Untuk mengajukan KPR bersubsidi, persyaratan yang ditetapkan lebih ditekankan pada penghasilan pemohon. Karena hal tersebut yang menjadi pertimbangan bank dan pemerintah untuk menerima pengajuan kredit rumah bersubsidi.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen