Arang Briket, Energi Terbarukan yang Patut Digunakan

cara memuat arang briket

Kekayaan indonesia sangatlah melimpah dalam sektor pertanian maupun perhutanan. Perkebunan pun tidak mau kalah terutama kebun kelapa. Indonesia menjadi urutan pertama penghasil kelapa dalam kawasan Asia.

Banyak orang yang menjadikan kelapa sebagai komoditi bisnis. Kenapa? Kelapa bisa dimanfaatkan mulai dari sabutnya, batoknya, dagingnya, bahkan airnya yang katanya air suci.

Banyak orang yang memanfaatkan briket sebagai energi alternatif untuk menyelamatkan bumi. Bahkan para ilmuwan sepakat penggunaan briket dilegalkan untuk menyelamatkan bumi dari pencemaran gas dan menipisnya lapisan ozon.

 

Cara Membuat Arang Briket

cara memuat arang briket

Dalam pembahasan ini kita akan membahas tentang cara membuat arang briket dari batok kelapa.

Bahan :

  • Batok Kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air Secukupnya

 

Alat dan Mesin Keperluan:

Dalam pembuatan arang briket batok kelapa, anda dapat melakukannya dengan manual ataupun otomatis yang akan dikerjakan oleh mesin. Biasanya untuk memperlancar proses produksi, akan melibatkan beberapa Mesin Arang Briket. Mesin dan peralatan tersebut diantaranya:

  • Mesin Diskmill
  • Mesin Pengaduk Adonan
  • Mesin Pencetak Arang Briket
  • Oven Briket

 

Teknik Pembuatan Arang Briket Batok Kelapa:

Untuk membuat arang briket batok kelapa, beberapa proses perlu anda lakukan. Untuk pembakaran, Anda dapat dengan cara pirolisis dan pembakaran langsung. Perbedaanya terletak pada apabila proses pirolisis akan menghasilkan asap cair, namun apabila pembakaran langsung akan menimbulkan polusi dan bisa dipantau langsung.

1. Pengarangan

Untuk pembuatan arang dengan cara manual, masukkan bahan batok kelapa kedalam tong untuk kemudian dibakar. Jangan lupa untuk menutup tong hingga hanya tersisa sedikit ventilasi untuk keluarnya asap.

Anda juga bisa dengan cara pirolisis, yaitu bahan utama dimasukkan kedalam tangki pirolisis dan ditutup kemudian asap ajan mengkondensasi hingga menjadi asap cair.

2. Penepungan Arang

Arang hasil pembakaran manual kemudian dibuat menjadi tepung arang menggunakan mesin penepung diskmill. Hal ini akan mempermudah anda dalam membuat briket. Penepungan ini akan membuat arang menjadi lebih halus dan lebih mudah diproses.

3. Pencampuran Media

Tepung arang yang telah halus, kemudian disaring untuk dipilih menjadi lebih halus dan mudah dilumat. Untuk selanjutnya, campur tepung arang dengan kanji. Untuk ukuran perjumlah total adalah 2,5% dari jumlah tepung arang. Lem kanji ini akan merekatkan dan menambah kalori pembakaran briket menjadi lebih lama.

4. Pencetakan

Setelah bahan tercampur merata, masukkan bahan kedalam cetakan briket. Setelah itu, jemur briket agar lebih keras dan mudah untuk dipotong.

Setelah dirasa agak keras, potong briket sesuai ukuran yang diinginkan. Kemudian oven kembali briket agar menjadi potongan briket yang siap pakai. Usahakan jangan mengoven briket dengan suhu tinggi agar briket tidak terbakar. Apabila tidak dioven, jemurlah briket hingga kering.

 

Manfaat Briket Arang

cara membuat arang briket

Energi Terbarukan

Karena sumber dari briket merupakan bahan alam, briket tidak ada habisnya selama sumber tersebut tidak habis. Proses alam dari bahan bahan ini selalu berkelanjutan dan tidaklah lama.

Biomassa

Biomassa sendiri merupakan energi alternatif yang berasal dari mikroorganisme ataupun organisme hidup dan selalu terbarukan atau tidak akan ada habisnya.

Panas Maksimum

Perbedaan dengan briket batubara, arang briket batok kelapa mempunyai nilai pembakaran kalori yang tinggi hingga 7000 kal. Hal ini membuat briket menjadi elternatif pembakaran yang lama.

Anti Racun

Briket batok kelapa dibuat dengan memanfaatkan hasil alam. Hal ini membuatnya tidak beracun ataupun berasap seperti halnya briket lainnya.

Tak Berasap

Perbedaan membakar dengan briket adalah tidak menghasilkan asap. Walaupun apinya berkobar kobar, asap briket hanya sedikit dan bahkan tidak ada.

Go Green Energy

Briket arang termasuk energi yang ramah lingkungan karena pembuatannya dengan bahan dari alam dan hanya dengan tambahan tepung tapioka dan air. Oleh karena itu, briket termasuk energi yang ramah lingkungan.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen