Biaya Publikasi Jurnal Nasional 2022

Tingkat publikasi jurnal di Indonesia terbilang cukup rendah dibandingkan dengan banyaknya jumlah penduduknya. Menurut ristekdikti, hal tersebut dikarenakan minimnya publikasi ilmiah para peneliti di Indonesia. Selain itu masih banyak juga yang belum mengetahui biaya publikasi jurnal nasional.

Minimnya tingkat pengetahuan terkait publikasi jurnal inilah yang menjadi salah satu faktor rendahnya angka jurnal yang diterbitkan. Untuk itu penting bagi Anda yang memiliki karya ilmiah dan ingin menerbitkannya.

 

Biaya Publikasi Jurnal Nasional Sinta

Untuk meningkatkan jumlah publikasi jurnal, ristekdikti membangun sebuah portal yang berisi kinerja peneliti, jurnal dan institusi iptek. Portal ini dinamakan SINTA (Science and Technology Index). Dengan ini semua jurnal yang dipublikasikan akan dikenal secara nasional dan internasional.

Biaya submit jurnal nasional di Sinta memiliki perbedaan sesuai dengan peringkatnya. Peringkat tersebut diurutkan dari nilai jurnal ilmiah yang disubmit. Selain itu biaya yang dibutuhkan juga tergantung dengan penerbit yang menerbitkan jurnal.

Peringkat dalam SInta terbagi atas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Jasa penerbitan jurnal akan memberikan harga sesuai dengan peringkat tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut biaya publikasi jurnal, Anda bisa langsung menghubungi salah satu jasa penerbit itu.

Besarnya biaya bergantung pada penerbit yang Anda pilih, untuk itu ada baiknya jika melakukan survey sebelum memilih penerbit. Jika Anda tak memiliki budget yang cukup, Anda bisa menerbitkannya sendiri secara langsung di portal resmi Sinta. Dengan begitu publikasi jurnal tidak memakan biaya atau gratis.

Mengapa Publikasi di Situs Resmi Sinta?

Anda dapat menerbitkan jurnal di portal resmi Sinta milik ristekdikti. Situs ini telah terakreditasi dan telah dijamin kualitasnya oleh pemerintah. Dengan adanya proses validasi dan asesor, jurnal yang terindeks sudah dipastikan ukuran penilaian keilmuannya.

Namun sebaiknya sebelum mempublikasikan jurnal milik Anda, lakukanlah pengecekan plagiasi agar terhindar dari plagiarisme karya ilmiah. Karena salah satu syarat publikasi jurnal adalah nilai plagiasi yang tidak tinggi dan tidak terlalu novelty dapat menyebabkan karya milik Anda ditolak.

Untuk itu penting bagi Anda untuk mengecek tingkat plagiasi dan memperbaiki naskah dengan sebaik mungkin. Akan tetapi tidak perlu khawatir jika karya Anda tertolak. Karena situs akan memberikan opsi untuk melakukan perbaikan jurnal hingga layak untuk di publish secara umum.

Artikel ilmiah atau jurnal yang dipublikasi di Sinta bisa diakses oleh semua orang dengan skala nasional bahkan internasional. Dengan begitu karya ilmiah Anda akan jauh lebih dikenal dan dibaca banyak orang.

Biaya publikasi jurnal nasional bergantung pada jasa penerbitan jurnal. Dan jika Anda ingin gratis bisa secara mandiri menerbitkan melalui situs resmi milik pemerintah seperti Sinta ataupun tempat publikasi jurnal terakreditasi lainnya.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen