Cara Jitu Menanam dan Membuahkan Alpukat Miki Depok

Alpukat merupakan tanaman buah yang disukai oleh banyak orang di dunia. Banyak yang bilang jika awalnya buah alpukat berasal dari meksiko dan Amerika Tengah. Kemudian menyebar ke seluruh dunia dan saat ini sudah dibudidayakan hampir di seluruh penjuru dunia.

Indonesia adalah salah satu negara yang membudidayakan buah alpukat. Bahkan indonesia merupakan negara yang memiliki varietas buah alpukat yang banyak. Bahkan saat ini indonesia memiliki jenis alpukat lokal yang beragam dan hampir semuanya adalah alpukat unggul yang memiliki berbagai macam keunggulan. Salah satu jenis alpukat unggul lokal yang terkenal adalah alpukat miki depok.

Pohon alpukat miki depok berhasil dibuat oleh H Yunus setelah 15 tahun berkutat di pengembangan buah alpukat. Alpukat miki depok terkenal akan pohonnya yang kuat dan  tahan dari serangan hama ulat seperti ulat kipat yang biasanya menyerang tanaman alpukat. Selain itu buah alpukat miki depok juga memiliki rasa buah yang istimewa. Daging buahnya memiliki rasa manis, gurih, pulen, serta bertekstur lembut saat dimasukkan ke dalam mulut.

Banyak orang yang mencari buah alpukat miki depok ini dan ketagihan setelah memakan buahnya. Lalu bagaimana jika kita ingin menanam sendiri buah alpukat miki depok ini. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menanam dan membuahkan alpukat miki depok.

Cara Menanam Alpukat Miki Depok

Menanam alpukat miki depok tidak begitu susah, bahkan masih tergolong mudah. Anda hanya memerlukan media yang tepat untuk menanam bibit alpukat ini. Bisa menggunakan lahan jika anda memiliki tempat yang cukup luas. Tetapi jika anda memiliki lahan yang terbatas anda bisa menggunakan media pot untuk menanam bibit alpukat ini.

Jika ditanam menggunakan pot anda harus memilih pot yang sesuai dengan ukuran bibit dan juga pastikan agar bagian dasar potnya memiliki lubang drainase. Tanam bibit pada pot dan timbun dengan media tanam yang terbuat dari campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi. Setelah itu sirami bibit dan taruh ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Cara Membuahkan Alpukat Miki Depok

Untuk membuahkan alpukat miki depok hal pertama yang harus anda lakukan adalah memberikan pupuk. Pupuk berguna untuk merangsang bibit tumbuh lebih besar dan memicu munculnya bunga. Saat bunga sudah muncul maka pohon akan mulai berbuah.

Berikan pupuk kandang setiap 6 bulan sekali saat pohon berusia 1 – 2 tahun. Saat usia bibit sudah melebihi dua tahun intensitas pemberian pupuk bisa ditingkatkan menjadi 4 bulan sekali. Anda juga bisa menggunakan pupuk kimia untuk menunjang kecepatan berbuahnya. Tetapi saat memberikan pupuk kimia, jangan berikan dosis yang berlebihan karena dapat mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan.

Jika belum berhasil berbuah mungkin ada masalah dalam perawatan yang anda lakukan. Coba gunakan metode stress air untuk memancing pembuahan. Stress air ini metode yang dilakukan dengan cara menghentikan penyiraman selama beberapa waktu sampai pohon layu. Kemudian saat sudah layu penyiraman dilanjutkan kembali dengan lebih banyak dan diberikan pupuk booster agar memicu bunga muncul.

 

Demikianlah ulasan mengenai alpukat miki depok yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kegiatan berkebun anda.

 

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/blog/jual-bibit-alpukat-miki-depok

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen