Cara Membuat Resume untuk Pencarian Kerja Sebagai Programmer

Resume Anda adalah langkah pertama dan terpenting Anda dalam mengamankan pekerjaan sebagai programmer. Resume inilah yang akan membuat Anda diwawancarai, di mana Anda akan menjual kemampuan Anda kepada pengurus perusahaan. Resume Anda harus disesuaikan untuk setiap perusahaan tertentu yang Anda lamar. Ini berarti dibutuhkan keterampilan teknis untuk memberikan kesan yang baik kepada pewawancara.

Kualitas yang perlu ditonjolkan antara lain, seperti inisiatif, kepemimpinan, keterampilan kerja tim, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah. Isi yang terbaik terbaik dalam sebuah resume adalah pengalaman kerja, tetapi jika Anda belum memiliki pengalaman kerja maka artikel ini dapat membantu.

Anda dapat mengirimkan resume kepada situs pencari kerja online yang sekarang banyak di Internet, ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan informasi lowongan kerja programmer secara otomatis dan online.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara membuat resume yang mengagumkan untuk pencarian kerja sebagai programmer.

Gunakan Pengalaman Dunia Nyata

Pernahkah Anda melakukan proyek pemrograman di sekolah atau organisasi lain? Punya beberapa kode sumber terbuka di GitHub? Pastikan untuk melakukan itu sebelumnya. Resume Anda tidak boleh cuma menjadi daftar lengkap dari semua yang pernah Anda pelajari, resume Anda perlu menyoroti hal-hal yang paling relevan dengan posisi target Anda yaitu pengalaman pemrograman dalam dunia nyata. Dan selain itu, jika Anda belum memiliki pengalaman kerja yang sebenarnya, Anda pasti ingin resume Anda sekuat mungkin dalam menyajikan pengalaman koding.

 

Gunakan Kata Tindakan

Anda dapat menggunakan kata-kata seperti 'dimulai', 'sangat baik', atau 'berhasil' untuk menggambarkan proyek yang telah Anda kerjakan dan itu akan membuatnya terdengar jauh lebih mengesankan. Anda bahkan dapat memodifikasi deskripsi pekerjaan dari perusahaan lain untuk menunjukkan bagaimana Anda dapat melakukan pekerjaan yang sama.

Lebih baik lagi, kunjungi situs web pemberi kerja potensial dan lihat resume programmer lain untuk mendapatkan ide.

 

Kedepankan Daftar Keterampilan Teknis

Kebanyakan orang tidak membaca resume secara menyeluruh, jadi daftarkan keterampilan teknis Anda terlebih dahulu untuk menarik perhatian mereka. Biasanya, begitulah cara resume biasanya diatur (dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting).

 

Cantumkan Pengalaman Kerja

Mereka akan terkesan dengan pengalaman kerja Anda dan ingin mengetahui lebih banyak tentang Anda, sehingga mereka akan terus mengikuti proses wawancara. Gunakan kata ganti orang (saya, saya, saya) untuk mengarahkan mata pembaca ke daftar pengalaman kerja.

 

Tambahkan Tujuan atau Sasaran Karir

Ini adalah satu bagian yang mungkin tidak perlu Anda sertakan untuk pekerjaan pemrograman, tetapi ini bisa membantu jika Anda melamar jenis pekerjaan lain di bidang TI.

Sebagai contoh:

Tujuan untuk bekerja sebagai programmer tingkat pemula, menguasai keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang profesional perangkat lunak.

Atau jika Anda melamar pekerjaan pemrograman tingkat pemula dengan perusahaan besar:

Tujuan karir saya untuk mendapatkan pengalaman sebagai anggota tim yang bekerja dalam pembuatan aplikasi seluler dan desain situs web. Saya termotivasi oleh tantangan baru dan proyek kreatif yang memiliki potensi komersial, dan saya berharap untuk maju ke peran rekayasa perangkat lunak dalam beberapa tahun.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen