Cara Membuat Stik Sukun yang Gurih Renyah serta Manfaat yang Terkandung pada Buah Sukun

Sukun merupakan buah yang memiliki bentuk bulat atau agak lonjong, warnanya hijau terang dan berubah kuning kecokelatan saat matang. Dalam beberapa varietas, ada juga sukun yang berwarna oranye kemerahan saat matang.

Tanaman sukun bisa tumbuh pada berbagai macam kondisi ekologi, namun habitat terbaik untuk pertumbuhannya yakni di dataran rendah dengan iklim yang tropis. Tanaman sukun dapat tumbuh di wilayah pantai yang biasanya mempunyai kadar salinitas tinggi. Pohon sukun yang tumbuh pada daerah dataran tinggi ataupun pegunungan akan sulit untuk menghasilkan buah.

Cara Membuat Stik Sukun yang Gurih Renyah

Bahan-bahan :

  • Sukun matang 1 buah, kupas kemudian cuci sampai bersih dan potong membentuk stik
  • Kapur sirih 2 sendok teh
  • Air 2 liter
  • Minyak goreng siapkan secukupnya

Bahan bumbu :

  • Garam 1 sendok makan
  • Ketumbar bubuk 1 sendok makan
  • Bawang putih 4 siung (dihaluskan)
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Jari kunyit 1 ruas (dihaluskan)

Cara Membuat :

  1. Sediakan wadah lalu campur-kan kapur sirih dan juga air.
  2. Selanjutnya masukkan stik sukun dan rendam selama 4 hingga 5 jam.
  3. Angkat lalu cuci sampai bersih dan tiriskan.
  4. Kemudian campurkan bumbu yang sudah di siapkan lalu di aduk sampai tercampur rata.
  5. Jika sudah baluri irisan sukun dengan bumbu sampai merata. Diamkan hingga bumbu-nya meresap selama 15 menit.
  6. Lalu goreng di atas minyak panas menggunakan deep fryer sampai matang dan warna stik menjadi kuning agak kecokelatan.
  7. Selesai, angkat kemudian tiris-kan dengan mesin peniris minyak lalu masukkan dalam wadah, stik sukun siap untuk dinikmati.

 

Manfaat yang Terkandung dalam Buah Sukun

1. Bisa Mengurangi Risiko Diabetes

Sukun merupakan buah yang kaya akan serat. Kandungan serat yang ada dalam buah ini dapat memberikan kelegaan bagi seseorang yang menderita penyakit diabetes. Penelitian yang telah dilakukan pada buah ini sudah membuktikan bahwa jika asupan sukun secara teratur mampu mengurangi risiko diabetes serta membuatnya menjadi tetap terkendali. Sebab buah sukun rendah gula dan akhirnya bisa membuat seseorang tak menyerap gula terlalu banyak dari makanan.

2. Meringankan Kondisi Penderita Kolesterol

Tak hanya kaya serat, buah sukun juga bisa sebagai penambah energi yang sangat bagus. Buah ini memberi rasa kenyang yang awet setelah makan, tanpa perlu meningkatkan asupan kalori. Maka dari itu, seseorang dapat sangat merasa energik serta aktif sesudah mengkonsumsi sukun. Tak hanya itu, buah ini juga bagus dalam mengurangi risiko gangguan pada jantung serta masalah kolesterol.

3. Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Sukun merupakan buah dengan sumber yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 serta omega-6. Selain bermanfaat bagi kulit serta rambut, kedua asam lemak esensial ini juga baik untuk menjaga kesehatan pada jantung.

Kandungan asam lemak omega-3 juga sangat bagus untuk pertumbuhan otak dan pikiran. Para ahli sudah menjelaskan bahwa jika asupan sukun secara teratur bisa membantu pertumbuhan otak pada anak secara luas.

4. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi sukun secara teratur bisa bermanfaat untuk pergerakan usus yang sesuai dan fungsionalisme usus. Serat yang terdapat dalam sukun dapat membantu memperlancar mengeluarkan tinja serta mengeluarkan racun yang berasal dari usus.

5. Cocok Sebagai Menu Diet

Buah sukun juga dipercaya sebagai makanan untuk diet yang ideal. Bagi penderita obesitas, sukun merupakan pilihan terbaik. Buah dengan rasa yang enak ini sangat bagus untuk orang yang kelebihan berat badan, sebab mengandung lebih sedikit kalori serta jumlah serat yang cukup tinggi.

 

Demikian artikel tentang stik sukun dan manfaatnya yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen