Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Bagi kamu yang pernah atau sedang bekerja dalam sebuah instansi maupun perusahaan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan surat keterangan kerja (SKK) bukan? Surat ini termasuk dalam dokumen penting yang dibutuhkan oleh para karyawan untuk kepentingan tertentu. Cara membuat surat keterangan kerja terbilang tidak susah, hanya saja dibutuhkan pengetahuan mengenai komponen apa saja yang harus dituliskan. Nah, untuk itu, simak yuk penjelasan berikut yang akan membahas mengenai fungsi dari surat keterangan kerja hingga contoh surat keterangan kerja.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Dalam penggunaanya, surat keterangan kerja mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan tujuan pembuatan surat tersebut. Secara umum, surat ini dikeluarkan ketika seorang karyawan berhubungan dengan pihak ketiga dan membutuhkan surat pernyataan yang menerangkan kalau karyawan tersebut benar-benar bekerja di perusahaan tersebut.

Dalam kata lain, SKK dibutuhkan untuk keperluan administratif ketika karyawan ingin mengajukan pengajuan kredit, pinjaman di bank, pendaftaran NPWP, BPJS, atau bahkan pengajuan beasiswa. Selain difungsikan untuk hal-hal administratif, surat keterangan kerja juga bisa dipakai sebagai bukti resmi pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya.

Sehingga, tidak hanya karyawan yang masih bekerja di perusahaan tersebut saja yang bisa mendapatkan surat tersebut. Namun, bagi karyawan yang sudah keluar dengan kinerja baik juga dapat meminta surat keterangan kerja sebagai referensi untuk mendaftar di perusahaan lainnya.

Komponen dalam Surat Keterangan Kerja

Mengenai cara membuat surat keterangan kerja, ada beberapa komponen yang harus kamu ketahui terlebih dulu. Beberapa komponen penting tersebut diantaranya adalah kop surat yang terdiri dari logo, nama, alamat, serta kontak perusahaan; nomor dan perihal surat; tanggal pembuatan surat; identitas pimpinan atau HRD yang terdiri dari nama, jabatan, alamat, dan kontak; identitas dari karyawan; pernyataan mengenai kinerja karyawan selama ini dan tanda tangan dari pimpinan perusahaan disertai dengan cap dari perusahaan tersebut.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Nah, untuk lebih jelasnya mengetahui bagaimana bentuk surat keterangan kerja, berikut ada contoh surat keterangan kerja yang dapat digunakan sebagai bentuk referensi dari perusahaan kepada karyawan yang tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut, namun mempunyai kinerja yang bagus.

(KOP SURAT)

SURAT KETERANGAN KERJA

No. Surat: 007/SKK/2021

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Putri Risma

Jabatan : Manajer HRD

Alamat  : Jl. XYZ, No. 1, Surabaya

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Dewi Sari

Jabatan : Staf Administrasi

Alamat  : Jl. ABC, No. 10, Surabaya

Merupakan karyawan yang bekerja di PT Makmur sejak Februari 2018 hingga Desember 2020. Selama menjadi karyawan di PT Makmur, yang bersangkutan mempunyai pribadi yang disiplin, menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam mengerjakan pekerjaan yang diberikan, serta mampu melakukan pengelolaan dengan baik terhadap berkas-berkas administratif perusahaan.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan diberikan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 01 Januari 2021

 

Putri Risma

Itu dia salah satu contoh surat keterangan kerja yang biasanya dikeluarkan oleh pihak perusahaan sebagai bentuk referensi kepada karyawan. Pembuatan surat keterangan kerja memang tidak bisa dilakukan oleh karyawan yang bersangkutan. Untuk bisa mendapatkannya, kamu bisa meminta kepada pihak yang diberikan wewenang untuk pembuatan surat tersebut. Umumnya, staf yang mampu memberikan surat tersebut adalah staf HRD. Namun, bisa juga surat tersebut dikeluarkan oleh pihak pimpinan secara langsung. 

Nah, jadi gimana sudah jelas belum mengenai surat keterangan kerja dari mulai fungsi, cara membuat surat keterangan kerja, hingga contohnya? Meskipun hanya berupa selembar surat saja, tetapi surat ini dinilai sangat penting dan tidak bisa diremehkan mengingat fungsinya yang begitu banyak dan sering kali menjadi syarat kelengkapan berkas administrasi.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen