Cara Menentukan Harga Jual dengan Mencari Rumus yang Tepat

menentukan harga jual

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan dalam menentukan harga jual suatu produk. Dalam menjalankan bisnis memang tidak terlepas dari menetapkan harga. Ketika Anda berbisnis/berjualan, Anda harus menggunakan cara menentukan harga jual yang sesuai kebutuhan dan pasar.

Pentingnya Menentukan Harga Jual yang Tepat

Menetapkan harga jual barang dagangan tidak boleh dilakukan sembarangan, sehingga harus dilakukan dengan memakai cara yang tepat. Untuk menghindari perang harga di pasaran, maka diperlukan adanya usaha dalam mengendalikan harga tersebut. Penentuan harga juga dilakukan untuk memperoleh keuntungan, dan jangan sampai Anda merugi ketika sedang membuka usaha atau suatu bisnis tersebut.

menentukan harga jual

Metode yang Digunakan untuk Menentukan Harga

Cara menentukan harga jual produk yang benar bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

1. Markup Pricing,  sebuah peningkatan harga atau jumlah rupiah yang telah ditambahkan pada biaya dari sebuah produk untuk menetapkan harga jual. Harga Jual = Harga Beli + Markup.

2. Margin Pricing, Penetapan harga dengan margin pricing ini menjadi cara penetapan harga dengan perkiraan.

3. Value Based Pricing, Cara menetapkan harga dengan melihat nilainya merupakan value based pricing.

4. MSRP, Merupakan harga eceran dari pabrik yang menjadi harga acuan ketika penjual menjual suatu produk.

5. Keystone Pricing, Metode penetapan harga dari pedagang eceran yang memberi harga 2 kali lipat lebih besar dari harga grosir.

Bagaimana cara menentukan harga jual produk yang tepat? Seperti misalnya pada produk makanan/minuman, baju, sembako, pulsa, kue kering dan sebagainya, caranya tentu berbeda-beda. Bahkan dalam menentukan harga kopi di restoran dengan kopi di kedai biasa juga berbeda-beda.

Cara Menentukan Harga Jual

Cara menentukan harga jual barang online bisa dimulai dari:

  1. Memilih strategi yang tepat. Sama halnya dengan ketika Anda menentukan harga jual untuk produk yang dijual dengan sistem dropship, artinya tidak sembarangan dalam menentukan harga.
  2. Gunakan harga yang telah ditentukan dari MSRP. Harga jual bagi reseller dan bagi dropshipper biasanya juga tidak sama. Pastikan Anda sudah menentukan harga dengan ongkir yang sesuai.

Dalam cara untuk menentukan harga jual yang tepat bisa disesuaikan lagi dengan jenis produk yang dijualnya. Sesuaikan juga dengan harga barang tersebut di pasaran. Anda bisa mengikuti cara-cara yang telah disebutkan diatas, guna menentukan harga jual.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen