Cara Mengatasi hama Yang Menjangkit Alpukat Cuba

Jika anda pembudidaya tanaman buah tentu anda tidak akan asing dengan hama. Banyak jenis hama yang dapat membahayakan serta merugikan jika tidak segera anda atasi. Pohon alpukat  merupakan tanaman buah yang juga biasanya diserang oleh berbagai macam jenis hama. Alpukat cuba vietnam salah satu contohnya.

Alpukat cuba alias alpukat unggul asal vietnam juga tidak bisa terhindar dari serangan hama, untuk itu pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan sedikit ulasan mengenai cara mengatasi hama. Agar anda yang membudidayakan tanaman buah bisa sedikit merasa tenang karena tahu cara mengatasinya. Berikut akan kami ulas jenis hama dan cara penanganannya.

1.    Ulat Kipat

Ulat kipat ini biasanya menyerang daun, dengan ciri-ciri memiliki panjang tubuh sekitar 6 cm dengan warna hitam dan memiliki bercak putih serta dipenuhi dengan rambut. Pada bagian kepala dan ekornya hama ini memiliki warna yang terang. Jika pohon alpukat cuba anda terserang oleh ulat kipat biasanya akan memiliki tanda bekas gigitan pada bagian daunnya.

Jika sedang diserang habis-habisan biasanya daun akan gundul atau hilang sama sekali tetapi pohon tidak mati. Serta akan terlihat banyak kepompong yang bergelantungan, namun walaupun pohon tidak mati dengan tidak adanya daun pertumbuhan serta pembuahan pohon akan mengalami perlambatan

Cara pengendaliannya bisa menggunakan ekstrak daun pepaya atau insektisida dengan bahan monokrotofos atau sipermetrin, berikan dengan dosis 1 – 3 cc untuk satu liter air. Untuk membuat ekstrak daun pepaya, bisa dibuat dengan merendam 50 gram daun pepaya pada 100 ml air, kemudian aduk hingga semua tercampur dan direndam selama setidaknya 24 jam. Jika sudah selesai peras dan kemudian saring. Setelah selesai disaring anda bisa menggunakan larutan tersebut dengan ditambahkan 2 hingga 3 liter air dan kemudian aduk dan ratakan. Jika sudah selesai bisa anda semprotkan pada bagian yang diserang.

 

2.    Kupu-kupu Gajah

Selanjutnya adalah kupu-kupu gajah yang biasa menyerang daun juga. Kupu-kupu gajah ini memiliki ukuran yang sangat besar bahkan bisa mencapai 25 cm, dengan warna cokelat kemerahan dan motif segitiga transparan pada sayapnya. Saat menjadi ulat ukurannya bisa mencapai 15 cm dengan warna hijau dan banyak tertutup bubuk putih serta memiliki duri-duri berdaging.

Daun yang diserang oleh ulat dari kupu-kupu gajah ini akan memiliki gejala yang sama seperti yang terjadi pada ulat kipat. Daunnya akan memiliki bekas gigitan, hanya saja kepompong kupu-kupu gajah tidak bergelantung melainkan menempel pada daun.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan bahan alami seperti ekstrak bawang putih untuk menghilangkan ulat kupu-kupu gajah. Cara pembuatannya pun sangat mudah, anda hanya perlu menghancurkan beberapa siung bawang putih.

Contohnya hancurkan 5 siung bawang putih dan kemudian tambahkan 50 ml minyak sayur atau kira-kira sebanyak 1 sdm dan kemudian tambahkan 1 sdm detergen. Campurkan semua bahan-bahan itu hingga merata dan kemudian campurkan dengan air dan simpan terlebih dahulu selama 3 hari. Saat akan digunakan campurkan lagi dengan air dan kemudian semprotkan pada bagian yang diserang oleh hama tersebut.

 

Itulah 2 cara untuk menghilangkan hama-hama yang menyerang bibit alpukat cuba. Anda juga bisa langsung menggunakan insektisida asalkan disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan agar tidak memberikan efek samping pada pohon alpukat yang ditanam.

Sumber: https://www.bibitbuahku.com

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen