Cara Menumbuhkan Jeruk Pamelo Merah

Apakah anda pecinta buah? Buah apakah yang paling membuat anda tertarik saat ini? Bagaimana dengan buah jeruk? Jika anda menganggap bahwa jeruk hanyalah buah yang biasa saja anda pasti belum pernah bertemu dengan jeruk pamelo merah. Yah tidak apa, jeruk pamelo merah memang belum banyak dibudidayakan sehingga wajar bagi anda jika tidak tahu jenis jeruk yang satu ini.

Mencari tempat jual bibit jeruk pamelo merah saat ini masih sangat sulit. Walaupun sangat ingin menanam jeruk unik yang satu ini. Kerana keterbatasan ini harga bibit jeruk pamelo merah juga lumayan tinggi. Bagi anda yang tetap ngotot ingin menanam pohonnya sebaiknya anda menyiapkan uang beberapa ratus ribu untuk mendapatkan bibit pamelo merah.

Jika akhirnya anda mendapatkan bibit jeruk pamelo merah anda sebaiknya belajar cara budidaya jeruk ini dengan baik. Karena belum banyak yang membudidayakannya, berikut akan kami jabarkan beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menanam jeruk yang satu ini.

Lakukan Penanaman Saat Menjelang Musim Hujan

Bibit jeruk pamelo merah dapat tumbuh dengan baik apabila ditanam pada daerah dataran rendah. Anda sebaiknya menanamnya pada ketinggian kurang dari 400 mdpl. Lalu pilih lokasi dengan curah hujan 1500-1800 mm per tahun, dengan suhu udara antara 25-30 derajat celcius.

Jeruk pamelo merah dapat tetap tumbuh dengan berbagai jenis tanah. Mulai dari jenis tanah berpasir hingga jenis tanah lempung.. tetapi akan lebih baik jika bibit jeruk pamelo merah ditanam pada tanah dengan tekstur yang sedang, subur, dan gembur. Anda juga dapat menanamnya pada tabulampot untuk lebih meminimalisir penggunaan lahan.

Waktu terbaik untuk menanam bibit jeruk pamelo merah adalah saat mendekati awal musim hujan. Dengan begitu anda tidak perlu repot untuk menyiramnya. Untuk perawatannya lakukan seperti merawat tanaman jeruk yang lain. Berikan pupuk kandang, siram setiap hari dua kali.

Pemupukan Bibit

Brikan pupuk NPK berimbang saat bibit jeruk pamelo sudah mencapai usia satu tahun. Berikan dosis sebanyak 2,5 sendok makan untuk setiap pohon. Setelah itu pemupukan selanjutnya akan kita berikan saat bibit jeruk pamelo merah sudah mulai berbunga. Biasanya waktu berbunga pohon ini akan dimulai saat memasuki tahun kedua setelah penanaman.

Pada saat itu berikan pupuk yang kaya akan fosfor dan kalium. Berikan dosis sebanyak satu sendok makan. Berikan juga pupuk dibagian bawah tanaman. Pemberian pupuk yang tinggi kalium dan fosfor ini bertujuan agar saat sudah berbuah dan buahnya sudah besar tajuk akan mampu untuk menopang berat buah, sehingga buah tidak akan rontok dari tajuknya.

Buah pamelo merah akan mulai siap dipanen saat kulit buahnya sudah berubah menjadi warna merah cerah. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan jeruk pamelo merah yang matang adalah 11 bulan setelah bunganya muncul. Anda dapat melakukan pemanenan saat waktu itu tiba.

Potong tangkai buah menggunakan gunting tanaman atau gunting yang tajam. Perlu diingan bahwa buah pamelo merah dapat berbuah sepanjang tahun. Maka dari itu jika sudah selesai melakukan pemanenan, anda harus melakukan pemupukan kembali agar dapat mengembalikan nutrisi setelah panen dan bibit pamelo merah dapat mempersiapkan pembuahan pada masa selanjutnya.

Tetapi sebelum melakukan pemupukan pangkas terlebih dahulu cabang atau tunas-tunas sekunder yang muncul. Agar tidak terjadi perebutan nutrisi oleh cabang-cabang sekunder. Sisakan saja cabang-cabang premier yang dirasa akan menghasilkan buah.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/bibit-pamelo-merah-dijamin-asli.htm

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen