Cara Merawat Alpukat Mentega agar Menghasilkan Buah Berlimpah

Alpukat merupakan tanaman buah yang banyak disukai oleh masyarakat luas. Bukan hanya oleh orang indonesia tetapi juga orang-orang luar negeri. Banyak jenis alpukat yang diketahui disukai oleh banyak orang mulai dari alpukat biasa hingga alpukat yang memiliki banyak keunggulan. Salah satu jenis alpukat yang sangat disukai oleh banyak orang adalah alpukat mentega.

Alpukat mentega saat ini menjadi primadona dan karena memiliki banyak sekali keunggulan. Mulai dari rasa buahnya yang manis dan juga bertekstur lembut sehingga saat anda menggigit buah alpukat ini akan langsung lumer di mulut. Saat ini sudah banyak kebun budidaya alpukat mentega yang dikelola oleh petani.

Agar budidaya alpukat mentega ini berhasil ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para petani. Agar bibit alpukat mentega yang ditanam dapat tumbuh dan berbuah dengan lebat. Lalu apa saja kira-kira hal yang harus dilakukan untuk merawat alpukat mentega.

1.    Penyiraman

Penyiraman merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan dalam budidaya alpukat mentega. Jika pohon alpukat tidak mendapatkan asupan air yang cukup, pohon dapat mengalami kekeringan dan kemudian layu. Tapi jika diberikan air terlalu banyak bisa-bisa perakaran bibit akan tergenang dan menyebabkan pembusukan sehingga bibit dapat mudah terkena penyakit. Maka dari itu kita harus memperhatikan waktu penyiraman, jangan terlalu sering dan jangan terlalu jarang juga.

2.    Pemupukan

Berikan pupuk kandang untuk merangsang pohon alpukat mentega tumbuh dan berbuah. Pemberian pupuk kandang ini bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali atau 4 bulan sekali. Yang terpenting adalah pupuk kandang yang digunakan sudah terfermentasi dengan baik. Jika menggunakan pupuk kandang yang masih basah ditakutkan malah akan menumbuhkan jamur pada batang alpukat mentega. Anda juga bisa menggunakan pupuk kimia asalkan takaran atau dosisnya tidak berlebihan karena akan membuat kualitas buah menjadi turun.

3.    Penyiangan

Dalam budidaya alpukat mentega, penyiangan juga perlu dilakukan agar nutrisi yang seharusnya masuk ke dalam pohon alpukat mentega tidak dicuri oleh gulma dan juga rumput-rumput liar. Cara melakukan penyiangan sangat mudah anda hanya cukup mencabuti rumput-rumput liar menggunakan tangan. Bisa juga menggunakan cangkul jika anda ingin sekalian menggemburkan tanah yang ada di sekitaran pohon. Tapi jika menggunakan cangkul pastikan agar perakaran pohon tidak terluka karena terkena cangkul.

4.    Pembungkusan Buah

Jika buah sudah mulai tumbuh dan muncul, untuk menghindarkan dari serangan hama dan penyakit ada baiknya jika buah dibungkus menggunakan plastik transparan. Dengan begitu buah akan terlindungi dari serangan hama dan penyakit.

5.    Pengendalian Hama

Hal yang tidak kalah penting dalam budidaya alpukat mentega adalah melakukan pengendalian hama dan penyakit. Biasanya hama yang menyerang alpukat mentega adalah kupu-kupu gajah, hama ulat, dan juga jamur. Anda bisa menghilangkan hama dan penyakit tersebut menggunakan insektisida dan fungisida. Cukup semprotkan pada bagian yang terkena serangan hama dan kemudian tunggu hingga hama tersebut mati.

 

Demikian beberapa hal yang harus anda lakukan dalam budidaya alpukat mentega. Agar anda bisa menghasilkan buah yang maksimal anda harus melakukan perawatan secara teliti, telaten serta dibutuhkan sedikit kesabaran.

 

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/blog/budidaya-alpukat-mentega

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen