Cara Merawat Bibit Jeruk Sunkist agar Dapat Berbuah Sepanjang Tahun

Apakah anda pecinta buah jeruk? Jika iya, Anda tentu sudah tidak asing dengan jeruk yang satu ini. Jeruk yang populer dengan warna oranye kekuningan yang memikat mata, ia adalah jeruk Sunkist. Bibit jeruk Sunkist banyak dibudidayakan di Indonesia karena memiliki sifat yang genjah atau dapat dengan mudah berbuah. selain itu waktu berbuahnya tidak mengenal musim sehingga dapat berbuah dengan baik sepanjang tahun.

Bibit jeruk Sunkist dapat dengan mudah kita temui di pasar tradisional, supermarket, dan juga toko-toko swalayan lain. Hal ini karena keunggulan dari bibit jeruk Sunkist yang berbuah sepanjang tahun.

Untuk dapat membuat bibit jeruk Sunkist berbuah dengan baik dan berbuah sepanjang tahun. Kita harus memperhatikan cara perawatannya. Jika kita bisa merawatnya dengan benar maka buka hal yang mustahil bagi jeruk Sunkist untuk berbuah sepanjang tahun. Lalu apa saja yang harus kita lakukan dalam merawat bibit jeruk Sunkist?

1.    Melakukan penyiraman

Penyiraman bibit jeruk Sunkist harus dilakukan secara teratur setiap hari pada waktu pagi dan sore hari. Jika masuk musim kemarau maka intensitas penyiraman harus ditingkatkan selain itu anda juga harus memperhatikan apabila saat musim hujan. Agar bibit tidak usah disiram cukup perhatikan saja apakah bibit tergenang air atau tidak.

2.    Melakukan Penyiangan dan Penggemburan Tanah

Tanaman liar atau gulma biasanya tumbuh dengan cepat di sekitar bibit jeruk Sunkist. Agar nutrisi yang ditujukan untuk jeruk Sunkist tidak terbagi dengan tanaman liar maka segera lakukan penyiangan. Dengan cara mencabuti rumput liar di sekitar bibit. Lakukan juga penggemburan tanah agar saat disirami tanah dapat menyerap air dengan baik. Tanah yang padat malah akan membuat air tidak terserap dan membuatnya menggenang. Hal ini berbahaya karena dapat membuat perakaran bibit jadi membusuk.

3.    Melakukan pemangkasan.

Pemangkasan biasanya dilakukan untuk mengatur pertumbuhan tanaman. Biasanya agar pohon tidak tumbuh terlalu tinggi dan pemilik tanaman dapat dengan mudah dalam pemanenan dll. Tapi pemangkasan juga bisa bertujuan untuk merangsang bibit agar dapat dengan cepat berbunga dan membuatnya berbuah. biasanya yang dipangkas adalah tunas-tunas air muda yang menyerap nutrisi terlalu banyak. Dengan memangkas tunas tersebut maka nutrisi hanya akan berfokus pada dahan yang produktif atau mampu menghasilkan buah.

4.    Memberikan Pupuk

Lakukan pemupukan secara rutin dan berkala. Pemupukan dapat memicu terjadinya pembuahan dan bisa menghasilkan bunga dan nantinya akan berubah menjadi buah. berikan pupuk kandang yang sudah terfermentasi setiap satu tahun satu kali. Berikan pupuk setiap awal musim hujan agar pupuk dapat meresap bersama air hujan nantinya. Selain menggunakan pupuk kandang anda juga bisa menggunakan pupuk kimia dengan durasi setiap satu tahun dua kali. Untuk dosisnya anda bisa melihat pada kemasan. Jangan berikan pupuk kimia secara berlebihan karena bukannya tumbuh dan berbuah, nantinya bibit jeruk yang anda miliki malah akan terpengaruh. Entah buahnya tidak manis atau ada hal lainnya.

Demikian ulasan kami tentang perawatan bibit jeruk Sunkist. Jika anda ingin bibit jeruk Sunkist yang anda miliki tumbuh dan berbuah dengan baik silahkan ikuti langkah-langkah berikut. Anda akan mengetahui sendiri bagaimana hasilnya. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya. Happy gardening.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/jual-bibit-jeruk-sunkist.htm

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen