Cara Terapi Skoliosis yang Ampuh untuk Anak-anak dan Dewasa

Skoliosis merupakan kondisi dimana tulang belakang Anda miring ke samping dengan kemiringan lebih dari 10 derajat hingga seolah sudah bengkok. Jika tidak diobati, maka hal ini akan menyebabkan masalah asimetris yang serius pada tubuh Anda. Lantas, adakah jalan Anda untuk sembuh? Tentu saja ada. Anda bisa melakukan terapi skoliosis dimana pengobatan ini bertujuan untuk meluruskan kembali tulang Anda. Yuk, simak ulasannya.

Cara Terapi Skoliosis Yang Benar Menyembuhkan

Ketika Anda menderita skoliosis, apa yang ada di pikiran Anda pertama kalinya? Apakah Anda berpikir Anda akan mengalami pembedahan yang menyakitkan jika ingin sembuh? Nah, wajar jika Anda khawatir karena mengembalikan tulang yang bengkok memang tidak mudah. Namun rupanya, jika kebengkokan tulang Anda tidak begitu parah, Anda masih bisa menjalani pengobatan tanpa bedah alias terapi.

Terapi skoliosis sendiri merupakan terapi yang digunakan untuk membantu menyembuhkan tulang belakang yang melengkung tidak normal akibat kebiasaan buruk dan penyebab tidak diketahui lainnya. Ketika Anda merasa ada yang tidak beres pada tubuh Anda, langkah yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter. Setelah diagnosa skoliosis diberikan, dokter akan memulai beragam pengobatan yang mana ditentukan dari tingkat keparahan penyakit Anda.

Sebelum Anda menjalani terapi, untuk mengurangi rasa cemas Anda, ini dia beberapa ulasan mengenai apa saja metode terapi pada penanganan kasus skoliosis yang dipakai oleh para terapis, yakni :

1. Gips

Metode terapi pertama adalah pemasangan gips ke tulang Anda. Sama halnya ketika Anda menderita tulang retak atau patah tulang, gips juga bisa sangat membantu untuk pasien skoliosis. Pemasangan ini dilakukan guna membentuk tulang kembali semula. Sayangnya, gips hanya digunakan untuk pasien skoliosis infantil saja. Jadi, ketika bayi yang dipakaikan gips ini tumbuh, ukuran gips juga harus diganti rutin.

2. Brace

Metode terapi yang kedua ini akan diberikan kepada mereka yang menderita skoliosis derajat sedang dengan keadaan tulang yang masih berkembang. Brace akan dipakaikan ke pasien untuk mencegah tulang belakang semakin melengkung. Sayangnya, Brace tidak dipakai untuk mengembalikan posisi tulang. Jadi ketika Anda mengenakan alat terapi, itu hanya akan menahan atau mencegah skoliosis semakin parah.

Lantaran terbuat dari plastik, maka Brace bisa dipakai dengan nyaman sesuai bentuk badan dan tidak akan terlihat menonjol dari balik baju Anda. Selain itu, Brace juga tidak akan mengganggu aktivitas anak Anda bahkan kala ia berlarian. Nah, setelah tulang berhenti berkembang, maka Brace juga akan dihentikan dan kemudian hasilnya akan diamati oleh dokter untuk tindak lanjut penanganan.

3. Metode Schroth

Terakhir, skoliosis dapat diatasi dengan terapi Schroth. Terapi fisik ini melibatkan pengobatan taraf ringan dan berupa penggunaan metode latihan yang bertujuan untuk membuat tulang yang melengkung menjadi normal di posisinya kembali. Bagi Anda yang akan menjalani Schroth, ada beberapa macam latihan yang akan Anda lakukan, yakni mulai dari latihan fisik, latihan bernafas, hingga latihan kesadaran postur tubuh.

Latihan fisik akan dilakukan untuk mengembalikan keselarasan otot dan kerataan postur tubuh. Selain itu, ia juga berfungsi untuk menyamakan kerja dua sisi otot punggung agar simetris. Sementara itu, Anda juga akan dilatih bernapas guna memutar tulang belakang agar rongga dada kembali seperti sedia kala. Terakhir, latihan kesadaran postur berguna untuk mencegah semakin buruknya efek kebengkokan tulang.

Demikian ulasan mengenai terapi skoliosis dimana pengobatan ini bertujuan untuk meluruskan kembali tulang Anda. semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen