Ciri-Ciri AC Kurang Freon yang Harus Anda Pahami

AC yang tidak mengeluarkan suhu dingin salah satunya dikarenakan kurangnya freon. Meski demikian, sebenarnya hal tersebut bukan menjadi patokan yang akurat. Sebab, AC yang tidak dingin juga bukan dikarenakan tekanan dari freon yang menurun.

Kemudian satu-satunya cara dalam mengetahui tekanan refrigerant AC berkurang atau tidak adalah dengan memeriksa secara langsung. Atau anda memanggil teknisi untuk memperbaiki hal tersebut, salah satunya adalah teknisi dari service AC di Bintaro.

Anda bisa melakukannya dengan menggunakan tools yang bernama manifold gauge. Dengan menggunakan alat tersebut, anda bisa mengetahui berapa tekanan gas freon yang ada pada sebuah mesin pendingin. Apakah masih normal, tinggi, atau bahkan mengurang. Biasanya, penyebab berkurangnya AC dikarenakan adanya kebocoran dari unit AC.

Berikut Ciri-Ciri Berkurangnya Freon Pada AC

1. AC kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali

Apabila dalam suatu ruangan merasa suhu cukup panas padahal di dalamnya ada AC yang menyala, bisa jadi hal tersebut dikarenakan tekanan freon pada AC yang berkurang. Sebab, refrigerant menjadi bahan utama yang digunakan pada proses pendinginan dalam AC.

Kemudian tekanan freon sendiri sudah memiliki takaran. Biasanya, hal ini bergantung pada besaran ukuran mesin kompresor atau jenis freon yang digunakan. Sebagai contoh adalah jenis freon R-23 yang mempunyai tekanan tinggi daripada refrigerant jenis R-22.

2. Muncul bunga es pada pipa instalasi

Kemunculan bunga es pada bagian pipa instalasi sudah bisa ditebak bahwa menjadi ciri dari kurangnya freon. Biasanya, hal ini terjadi pada pipa dengan bertekanan rendah atau pipa kecil, namun tidak jarang yang juga terjadi di kedua pipa instalasi.

Pada sistem AC Split, normalnya ketika menggunakan jenis freon R-22 maka membutuhkan tekanan freon antara 65-80 PSI. Namun apabila kurang dari jumlah tersebut akan muncul bunga es. Hal seperti ini biasanya terjadi pada tekanan antara 20-45 PSI.

3. Unit outdoor tidak mengeluarkan suhu panas

AC yang normal biasanya akan mengeluarkan suhu panas pada bagian unit outdoor. Hal ini terjadi dikarenakan proses pendinginan dari tekanan rendah menjadi dingin. Namun apabila terjadi hal yang sebaliknya, tidak mengeluarkan hawa panas sama sekali dari unit outdoor, maka ini patut diwaspadai.

Sebab, kemungkinan besar terjadi kurangnya tekanan pada freon AC. Sehingga membuat proses pendinginan tidak terjadi. Kemudian solusinya adalah dengan mengganti yang baru dan memanggil teknisi dari Service AC.

About the Author: adminalbertcohen