Definisi, Pengertian & Tujuan CRM

Definisi, Pengertian & Tujuan Crm

CRM atau biasa dikenal dengan istilah Customer Relationship Management semakin popular dalam beberapa tahun terakhir. Dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin pesat sampai melebar untuk kebutuhan bisnis saat ini.

CRM menjadi salah satu proses bisnis yang sangat menarik untuk kita perbincangkan. Karena masih termasuk dalam kegiatan marketing untuk mengelola seluruh aspek yang ada di perusahaan tersebut. Mengapa demikian? Karena pada saat ini CRM menjadi salah satu strategi komprehensif dari perusahaan agar para pelanggan dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Di zaman teknologi yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak sekali perusahaan besar baik di luar negeri maupun di Indonesia dengan menggunakan berbagai sarana dalam usahanya untuk mendapatkan serta meningkatkan perihal Customer Relationship Management ( CRM ).

Dengan cara yang khusus, mereka memberikan pelayanan yang bersifat personal sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Hal tersebut baik sebagai stakeholder maupun shareholder. Dengan begitu, diharapkan akan menjalin value chain yang sangat kuat di antara mereka melalui CRM.

Definisi & Pengertian CRM

Penting sekali menggunakan Software Customer Relationship Management untuk perusahaan. Namun, perlu diketahui bahwa CRM paling banyak digunakan oleh tenaga pemasaran. Mengapa ? Karena dengan sistem CRM akan sangat membantu perusahaan untuk dapat mengatur alur kerja bisnis sehingga akan dengan mudah meningkat dari segi efisiensi serta produktivitas.

Fitur-fitur unik yang diperlukan oleh system CRM di Indonesia adalah dengan menciptakan sales KPI untuk dapat memantau produktivitas, melacak GPS dan mengotomatiskan dokumen.

CRM merupakan sebuah manajemen hubungan pelanggan dan sebuah strategi pemasaran yang pada saat ini banyak dilakukan oleh perusahaan yang ingin mendatangkan serta mempertahankan lebih banyak pelanggan agar dapat membeli produk atau jasa mereka Kembali.

Definisi, Pengertian & Tujuan Crm

Perlu diketahui oleh kita semua bahwa CRM bukanlah sebuah konsep. Namun, merupakan sebuah perubahan paradigma untuk perusahaan. Dengan tujuan agar dapat mengajak customer menjadi partner terbaik dalam perusahaan tersebut serta berkembang dan mendapatkan keuntungan bersama.

Selain itu, CRM merupakan salah satu strategi bisnis yang memang terdiri dari software atau aplikasi serta layanan yang diciptakan untuk meningkatkan keuntungan, pendapatan, serta kepuasan pelanggan.

Lalu, bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengakomodasi sebuah perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggan yang tepat, mendapatkan pelanggan secara lebih cepat serta mempertahankan pelanggan.

Tujuan CRM

Sebenarnya tujuan CRM ini adalah agar perusahaan dapat mengenal pelanggan secara detail dan dekat serta melayani sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Namun, admin akan menguraikan beberapa tugas dari tujuan CRM, sebagai berikut:

Membangun Database

Hal pertama tujuan dari CRM adalah dengan membuat database pelanggan yang paling kuat. Hal ini merupakan salah satu kunci paling utama dari tugas CRM. Banyak sekali alasan mengenai hal ini. Mengapa perusahaan harus membangun database dan lain sebagainya. Berikut alasannya :

  • Pertama : Database merupakan asset terpenting perusahaan.
  • Kedua : Database pelanggan atau customer bisa menjadi tolak ukur mengenai perusahaan saat ini dan performa perusahaan di masa mendatang.

Membuat Profil Pelanggan

Tujuan yang kedua adalah dengan membuat profil para pelanggan. Langkah ini merupakan salah satu pengembangan proses pembagian konsumen dari aksi yang sudah dilakukan oleh setiap pelanggan. Tentu saja dengan membuat profil dari setiap pelanggan akan dengan mudah memberikan gambaran mengenai kebutuhan, keinginan serta focus mereka mengenai produk & pelayanan perusahaan.

Interaksi Lebih Tertarget

Dengan membuat profil di setiap pelanggan yang jelas, perusahaan akan dengan mudah untuk mengetahui kebutuhan yang berbeda dari setiap pelanggan. Informasi ini tentu saja akan memudahkan perusahaan untuk memberitahukan penawaran menarik mengenai produk dan layanan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai CRM yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia agar dapat berkembang menjadi lebih baik untuk kedepannya dalam memanajemen para pelanggan dengan tujuan agar memberikan pelayanan terbaik. Semoga bermanfaat.

Sumber : Majapahit Teknologi

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen