Demam pada Anak dan Cara Mengobatinya

Kita semua tahu bahwa demam adalah salah satu alasan paling umum untuk mengunjungi dokter anak Anda. Tapi sebenarnya apa artinya? Demam pada anak dapat disebabkan oleh infeksi, dalam hal ini mereka harus diobati dengan antibiotik. Mereka juga bisa disebabkan oleh kondisi lain seperti pilek atau flu dan akan membutuhkan cairan dan pengobatan simtomatik. Tujuan mengobati demam anak adalah untuk mengurangi keparahan dan durasinya sambil menyembuhkan penyakit apa pun yang menyebabkannya.

Mencegah demam akan membantu anak Anda untuk menghindari gejala yang mungkin terjadi termasuk lemas, sakit kepala, berkeringat atau bahkan menggigil. Anda harus selalu berusaha mencegah hal ini jika memungkinkan terjadi. Hal ini tidak mudah untuk Anda tahu kapan saatnya untuk menggunakan cara lain seperti obat-obatan dan pengobatan rumah untuk mengatasi demam.

Demam pada dasarnya adalah cara tubuh menangani terlalu banyak sel jahat dalam sistem anak Anda. Memberikan obat-obatan seperti acetaminophen atau ibuprofen akan menurunkan jumlah sel jahat serta mengurangi keparahan rasa sakit yang mungkin dirasakan anak Anda jika mereka sakit.

Apa itu demam?

Demam adalah peningkatan suhu tubuh di luar kisaran normal. Pada orang dewasa, demam biasanya terjadi pada suhu 101 derajat F atau lebih tinggi. Tetapi pada anak-anak, suhu tubuh normal mungkin sedikit lebih tinggi. Pada anak baru lahir, mungkin setinggi 104 derajat F.  Demam terjadi karena rasa sakit dan reseptor kulit di tubuh anak Anda mengirim sinyal ke otak untuk memberi tahu bahwa ada sesuatu yang salah. Sistem saraf Anda merespons dengan menciptakan lebih banyak panas untuk menghangatkan kulit yang dapat menyebabkan demam.

Demam berbeda dengan hipertermia (kepanasan). Sementara demam terjadi ketika suhu tubuh naik, hipertermia tidak selalu melibatkan peningkatan suhu tubuh. Itu berarti tubuh Anda memanas karena aktivitas dan tenaga. Pada anak-anak, hipertermia biasanya disebabkan oleh olahraga berat tanpa cairan yang cukup untuk menjaga tubuh tetap dingin.

 

Tanda dan gejala demam pada anak

Meskipun demam bisa menjadi tanda penyakit serius, dalam banyak kasus jenis penyakit yang menyebabkan demam tidak terlalu serius. Anak Anda mungkin memiliki tanda atau gejala lain, seperti:

  • Berkeringat
  • Menggigil
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Diare atau sembelit
  • Kehilangan selera makan
  • Kejang

Jika anak Anda menggunakan asetaminofen atau ibuprofen, ia harus minum obat ini sesuai petunjuk pada label. Obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu menurunkan demam dan meredakan gejala lainnya.

 

Bye-bye fever pendingin untuk demam anak-anak

Banyak orang tua menemukan bahwa anak-anak mereka merasa lebih baik ketika mereka menggunakan gel patch pendingin di dahi, yang membantu menurunkan suhu mereka. Produk ini biasa dijual dengan nama dagang bye bye fever anak. Bye bye fever dibuat dengan gel khusus yang tetap dingin selama berjam-jam. Bye bye fever ini terlihat seperti perban kecil, tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk serta mudah diaplikasikan. Mungkin terasa sedikit lembab, tapi itu normal dan membantunya tetap dingin lebih lama.

Harga bye-bye fever anak termasuk murah dan dapat dipakai dalam waktu lama. Harga produk ini biasanya berkisar dari 10 ribu hingga 12 ribu rupiah per lembar dan akan bertahan antara 8 dan 12 jam.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen