Jangan Panik! Begini Cara Mengobati Digigit Tawon yang Benar

di gigit tawon

Atelieralbertcohen.org | Jangan Panik! Begini Cara Mengobati Digigit Tawon yang Benar – Anda pernah digigit tawon? Yah, pasti rasanya sangat sakit saat digigit hewan kecil satu ini. Walaupun tawon termasuk hewan yang menguntungkan madunya, tetapi juga bisa menjadi bahaya bagi Anda. Kadang tanpa kita sadari, tawon merasa terusik dan akan menggigit siapa saja yang didekatnya. Saat digigit tawon, Anda harus segera mengobati agar tidak terjadi bengkak serius. Ada beberapa cara mengobati digigit tawon yang sebenarnya mudah dilakukan, tapi karena panik maka banyak yang tidak memahami dan akhirnya bengkak dan tambah sakit.

4 Langkah Cara Mengobati Digigit Tawon yang Benar

di gigit tawon
di gigit tawon

Ketika Anda digigit tawon, pertama-tama jangan panik dan segera lakukan tindakan pertama penanganan. Jangan sampai yang Anda lakukan justru menambah parah bagian tubuh bekas gigitan tawon. Nah, inilah beberapa langkah sederhana cara mengobati digigit tawon yang benar.

  1. Ambil Sengatan Tawon

Langkah awal ini sangat perlu Anda lakukan, karena sengatan tawon yang bentuknya runcing bisa melukai jika terus menancap. Anda bisa mengambil sengatan tawon dengan menggunakan kuku Anda atau dengan bantuan duri. Usahakan tidak memakai jarum untuk mengambilnya, karena dikhawatirkan jika berkarat akan menambah infeksi.

  1. Segera Cuci Bersih Bagian Tubuh yang Digigit Tawon

Cara selanjutnya, Anda bisa segera mencuci bersih bagian tubuh yang digigit tawon dengan air dingin mengalir. Pakai sabun dan usap perlahan agar kotoran menempel bisa terangkat. Cara ini juga bisa membantu menghilangkan racun dari sengatan tawon yang menempel. Lakukan beberapa kali sampai luka gigitan tawon benar-benar bersih.

  1. Mengoleskan Madu Pada Bagian Luka

Dibalik gigitan tawon yang menyakitkan, ada madu yang bisa membantu menyembuhkannya. Apabila bagian luka bekas gigitan tawon sudah bersih, Anda bisa mengoleskan madu secukupnya. Madu mengandung zat antiseptik yang dapat meringankan bekas luka, seperti gigitan tawon. Selain madu, Anda juga bisa mengoleskan bahan rumahan lainnya. Anda bisa juga menggunakan soda kue yang dibuat pasta untuk olesan pada luka bekas gigitan tawon. Caranya siapkan soda kue secukupnya dan beri sedikit air bersih sampai teksturnya menyerupai pasta. Langsung oleskan pada bagian yang luka dan diamkan sampai kering. Olesan pasta ini dapat menyerap racun yang masih menempel pada bagian luka. Jika tidak ada madu atau soda kue, Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel. Pemakaiannya juga sangat sederhana, Anda cukup tuangkan sedikit cuka apel ke kapas. Lalu, tempelkan pada bagian luka gigitan tawon.

Beberapa cara mengobati digigit tawon diatas hanya alternatif untuk menyembuhkan luka gigitan tawon. Reaksi orang akan berbeda-beda saat diobati dengan cara-cara tersebut. Jika dirasa tidak berpengaruh dan muncul alergi, Anda perlu secepatnya pergi ke dokter. Nah, apabila Anda sudah cukup dengan pengobatan sederhana di atas, selanjutnya Anda harus berhati-hati lagi saat dekat dengan sarang tawon ya.

About the Author: adminalbertcohen