Jarak Sumur dengan Septic Tank yang Ideal

septic tank

Sebelum membangun septic tank, pastikan jarak sumur dengan septic tank diukur terlebih dahulu. Apalagi jika pembangunan sarana rumah tangga tersebut tepat di tengah-tengah pemukiman warga. Ini ulasan tentang cara mengukur jarak antara sumur dengan septic tank. Sebelum itu, akan dijelaskan terlebih dahulu alasan mengapa sarana ini harus diukur terlebih dahulu. Jadi, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Ada beberapa alasan perlunya mengukur jarak sumur warga dengan septic tank. Alasan ini tidak hanya terkait dengan humanistic atau kemanusiaan, tetapi juga terkait dengan kesehatan diri dan warga yang ada disekitar. Berikut ini beberapa alasannya.

septic tank

  • Mencegah Air Sumur Terkontaminasi Air Serapan

Tentu alasan yang pertama supaya air sumur tidak terkontaminasi air serapan dari septic tank. Jika ini sampai terjadi tentu air sumur akan bermasalah. Selain akan mengeluarkan bau menyengat, warna air juga akan berubah dan akan sangat membahayakan masyarakat yang menggunakannya. Air sumur yang terkontaminasi dari resapan septic tank tidak mungkin bisa dipergunakan oleh masyarakat.

Baik digunakan untuk mandi, mencuci, apalagi untuk air minum sekalipun dimasak terlebih dahulu. Jadi, jarak septic tank ke sumur harus tetap diatur. Ada banyak kasus warga keracunan karena masalah semacam ini, sehingga yang ada si pemilik bisa terjerat kasus hukum. Jadi, berhati-hatilah ketika membangun septic tank.

  • Untuk Mencegah Abrasi Tanah

Terkadang jarak yang terlalu dekat akan membuat tanah tidak lagi ideal. Bahkan tanah sumur bisa amblas yang bisa membahayakan masyarakat di sekitar sumur. Mungkin juga ini bisa berbahaya kepada pekerja yang sedang memperbaiki sumur yang bermasalah.

Alasan-alasan inilah yang harus diperhatikan dalam pembangunan septic tank. Oleh karena itu, jarak sumur dengan septic tank harus diatur sedemikian rupa, supaya tidak terjadi abrasi tanah. Kalau jarak dibuat seadanya tentu konflik akan terjadi yang melibatkan banyak orang.

 

Jarak Antara Sumur dengan Septic Tank

Sesungguhnya jarak sumur dengan septic tank haruslah ideal. Jika berkaca pada batas aman, maka jarak yang bagus untuk pembangunan sarana ini minimal adalah 10 meter. Lebih jauh lagi lebih bagus, karena resiko pencemaran air sumur sekaligus abrasi tanah bisa diminimalisir. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini:

1. Jarak dengan Sumur Resapan Tinja

Jarak septic tank ideal kalau untuk sumur resapan adalah 5 meter. Ini sudah termasuk dalam batas minimal. Sementara kalau lebih jauh, dikhawatirkan proses resapan tidak maksimal sehingga tinja malah bertahan di dalam septic tank. Ini biasanya terjadi kalau ada mampet pada saluran.

2. Jarak Septic Tank dan Sumur Warga

Usahakan jarak septic tank lebih jauh untuk sumur air bersih, yaitu berjarak kurang lebih 10 meter. Ini tidak hanya untuk sumur umum, sumur pribadi di dalam rumah pun pastikan tetap menggunakan ukuran jarak ini. Tentunya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

3. Jarak Septic Tank dengan Sumur Resapan Air Hujan

Kalau di rumah juga ada sumur resapan air hujan, maka jarak dengan septic tank juga harus dijaga. Ukurannya sama dengan sumur resapan tinja yaitu minimal 5 meter dan lebih jauh lagi lebih bagus. Apalagi jika sumur resapan air hujan tersebut masih digunakan untuk kepentingan yang lain.

 

Itulah ulasan mengenai jarak sumur dengan septic tank. Jika ingin membangun septic tank dengan jarak antara sumur dan septic tank yang ideal, maka Surya Fibertek adalah solusinya. Pada situs https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/ terdapat produk septic tank yang berkualitas dan pastinya ramah lingkungan. Jadi, tidak perlu khawatir akan terjadi kebocoran saat membuat septic tank.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen