Keunggulan Kelengkeng Puangphet Asal Thailand

Apakah anda merupakan pecinta buah kelengkeng? Buah berbentuk bulat dengan kulit buah berwarna cokelat ini memang banyak disukai oleh orang karena memiliki rasa yang sangat manis dan juga menyegarkan. Saat ini sudah tidak sulit untuk menemukan buah kelengkeng di sekitar tempat tinggal kita karena semakin banyak orang yang mencoba untuk membudidayakan buah yang satu ini.

Selain itu jenis kelengkeng juga sudah mulai banyak, dan memiliki berbagai macam keunggulan yang berbeda-beda. Salah satu jenis kelengkeng yang memiliki banyak sekali keunggulan di dalam buahnya yaitu kelengkeng puangphet. Kelengkeng puangphet merupakan salah satu buah yang berasal dari Thailand dan merupakan keluarga dari kelengkeng puang.

Kelengkeng puangphet ini pertama kali didatangkan ke Indonesia oleh salah seorang petani buah kelengkeng yang berasal dari Semarang. Setelah mencoba untuk menanam, menumbuhkan dan membuahkan kelengkeng puangphet maka terlihatlah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kelengkeng yang satu ini. Apa saja keunggulan dari kelengkeng puangphet ini mari kita bahas.

1.    Citarasa Sangat Manis

Bagi anda yang menyukai buah kelengkeng maupun anda orang awam pasti akan memilih buah yang memiliki rasa manis. Nah buah kelengkeng puangphet ini terbukti memiliki rasa buah yang sangat manis. Sehingga cocok untuk dijadikan makanan ringan atau camilan saat sedang berkumpul dengan keluarga. Tapi jika ingin mengolahnya menjadi makanan lain seperti asinan ataupun manisan tentu saja buah kelengkeng ini akan menawarkan citarasa yang luar biasa.

2.    Buah Tebal dan kering

Ukuran buah kelengkeng puangphet juga diketahui lumayan besar bahkan katanya lebih besar dari kelengkeng new kristal. Bukan hanya besar tetapi daging buahnya juga tebal dengan biji buah yang kecil sehingga dapat memuaskan anda ketika memakan buahnya. Selain itu daging buah kelengkeng puangphet sangat kering sehingga membuat rasa buahnya sangat renyah. Jika anda coba mengupas kulit buah kelengkeng ini anda akan melihat tidak ada air setetes pun yang keluar. Itulah yang menandakan jika kelengkeng puangphet begitu kering.

3.    Pohonnya Sangat genjah

Keunggulan lainnya kelengkeng puangphet cepat berbuah, bahkan hanya membutuhkan waktu satu tahun setelah penanaman dan pohon yang satu ini sudah mulai belajar berbuah. Karena kelengkeng puangphet cepat berbuah, anda harus melakukan perawatan dengan baik untuk mendukung keunggulan tersebut. Jika ternyata dalam kurun waktu 2 hingga tahun tidak berbuah anda hanya perlu memberikan booster maka dalam 3 minggu bunga dari kelengkeng puangphet akan keluar. Dan dalam waktu beberapa minggu kemudian kelengkeng puangphet akan berbuah dengan baik.

4.    Tingkat Produktivitas Tinggi

Selain kelengkeng puangphet cepat berbuah, pohon kelengkeng yang satu ini juga memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Bayangkan saja satu tandan kelengkeng puangphet bisa mencapai bobot hingga 5 kg dengan jumlah buah yang sangat banyak. selain itu pohon kelengkeng puangphet juga dapat berbuah tanpa mengenal musim, dalam waktu satu tahun kelengkeng puangphet mampu berbuah sebanyak 3 kali.

Jika anda tertarik untuk menanam bibit kelengkeng puangphet segera dapatkan bibitnya di toko-toko pertanian terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal anda.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen