Khasiat Daun Sambiloto yang Membuat Wajah Semakin Cantik

sambiloto untuk kecantikan

Tanaman sambiloto tidak hanya dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan saja. Khasiat daun sambiloto juga terkenal dapat menjaga kecantikan kulit wajah.

Daun yang dijuluki sebagai King of Bitter ini memang mempunyai rasa yang sangat pahit. Namun, manfaatnya sangat besar termasuk untuk wajah. Nah, zat yang paling berperan memberikan kebaikan untuk kulit adalah andrographolide.

Apa sajakah khasiat daun sambiloto untuk kulit wajah? Mari cek daftarnya di bawah ini!

1. Daun Sambiloto bisa Mencerahkan Kulit Wajah

Herbal yang satu ini ternyata bisa juga digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Sehingga, kulit yang semula kusam akan menjadi beberapa tingkat lebih cerah.

Hal ini dikarenakan daun sambiloto mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang mampu menutrisi wajah. Cara memanfaatkannya adalah dengan menjadikannya lulur.

2. Dapat Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan di Kulit Wajah

Pada usia 25 tahun ke atas, tentu saja akan muncul berbagai jenis tanda penuaan. Hal ini dikarenakan produksi kolagen dalam tubuh tidak lagi optimal.

Untuk itu, kamu harus tahu khasiat daun sambiloto yang satu ini. Ya, tanaman ini ternyata dapat mengurangi keriput, membuat kulit lebih elastis, menghidrasi kulit.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan daun sambiloto yang sudah diproses dalam bentuk obat jenis topikal (krim atau salep).

3. Menghempaskan Jerawat Membandel

Salah satu masalah kulit wajah yang paling sering dialami baik wanita maupun pria adalah jerawat. Ternyata, mengatasinya tidak sulit. Kamu, tinggal memetik sambiloto dan mengolahnya menjadi masker.

Khasiat daun sambiloto untuk mengatasi jerawat berkat sifat antibakteri. Dimana herbal ini dapat menekan tumbuhnya bakteri di wajah. Sifat ini sangat efektif dalam menangkal bakteri dari debu dan polusi udara saat beraktivitas.

4. Flek Hitam pun Dapat Ditumpas

Khasiat daun sambiloto untuk wajah yang selanjutnya adalah menghilangkan flek hitam. Biasanya, flek hitam juga muncul seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu, segera atasi dengan sambiloto sebelum flek hitam semakin menebal dan mengganggu penampilan.

5. Menyembuhkan Luka Bakar dan Punya Efek Menyejukkan

Luka bakar juga bisa lebih mudah disembuhkan dengan menggunakan daun sambiloto. Caranya, ambil daun yang masih segar, lalu tumbuk dan campurkan dengan olive oil. Lalu, oleskan pada anggota tubuh yang terkena luka bakar.

Nah, selain itu, daun sambiloto juga memiliki efek yang menyejukkan kulit, sehingga sangat bagus untuk area tubuh yang terkena luka bakar. Senyawa andrographolide juga mempunyai fungsi dalam melawan infeksi. Sehingga, luka bakar tidak akan jadi lebih parah.

Beberapa Bentuk Obat Herbal Daun Sambiloto untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah

 Ada beberapa jenis penggunaan daun sambiloto dalam menjaga kulit wajah. Diantaranya :

1. Diolah jadi Minuman

Salah satu penggunaan sambiloto yang paling umum digunakan adalah menjadikannya minuman. Caranya dengan merebus daun sambiloto dan dikonsumsi air rebusannya. Kamu juga bisa membeli versi kapsul di berbagai apotek maupun toko obat.

2. Menggunakan Krim Daun Sambiloto

Saat ini, daun sambiloto juga banyak yang diolah menjadi versi krim. Baik krim pagi atau malam dengan kandungan ekstrak daun sambiloto.

3. Dijadikan sebagai Masker

sambiloto untuk kecantikan

Selain dua cara tadi, kamu juga bisa menjadikan daun sambiloto sebagai masker. Silakan tumbuk atau blender daun sambiloto lalu oleskan di wajah.

4. Bubuk Sambiloto

Kamu bisa juga membeli bubuk daun sambiloto di apotek. Setelah itu, bubuk ini dicampur air dan dioleskan pada wajah.

Ternyata khasiat daun sambiloto sangat luar biasa, ya! Bahkan, untuk kecantikan wajah sekalipun. Nah, mulai sekarang, kamu bisa menjaga kecantikan dengan menggunakan si pahit ini. Selamat mencoba!

Sumber: https://www.deherba.com/

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen