Komponen yang Ada Pada CCTV

Komponen yang Ada Pada CCTV

CCTV adalah kamera yang dipasang di bagian rumah untuk mengamankan rumah atau tempat lain. CCTV sangatlah penting karena dengan adanya CCTV orang akan berpikir ber-ribu kali untuk melakukan tindak pidana pencurian, perampokan, pembegalan dan lain sebagainya karena CCTV dapat menjadi barang bukti yang kuat di muka pengadilan. Selain itu CCTV dapat mengidentifikasi siapa pelaku tindakan pencurian tersebut.

Ada komponen yang ada pada CCTV diantaranya adalah kamera, DVR, dan juga monitor. Ketiga hal ini saling membutuhkan satu sama lain dan jika seandainya tidak ada satu atau dua bagian maka tidak akan bisa digunakan.

Lalu apa saja komponen yang ada pada CCTV? Berikut ulasannya.

Kamera CCTV

Kamera adalah komponen pertama dan paling utama dalam CCTV karena ia lah yang bertugas untuk menangkap semua gambar pada suatu tempat. Kamera CCTV sendiri mempunyai banyak jenisnya dari segi kualitas ada yang memiliki kualitas yang tinggi yang mampu menangkap gambar yang lebih detail dan ada juga yang tidak dapat melakukannya.

Komponen yang Ada Pada CCTV

Menurut jenisnya, kamera ada yang memiliki resolusi yang tinggi dan ada juga yang memiliki resolusi yang rendah.

DVR

DVR adalah salah satu komponen dalam CCTV yang perannya cukup panting. DVR sendiri mempunyai singkatan dari  Digital Video Recorder yang gunanya sebagai pelengkap dalam keamanan. Nantinya jika seandainya ada tindakan pidana seperti perampokan, pencurian atau yang lainnya maka DVR ini dapat dijadikan sebagai barang bukti di muka pengadilan.

Monitor

 

CCTV tentunya membutuhkan output dimana orang dapat melihat situasi kondisi dimana kamera CCTV dipasangkan. Monitor menampilkan gambar aktual dari CCTV dan memiliki banyak jenis diantaranya ada yang LCD, LED, OLED TV dan lain sebagainya.

Ketiga komponen tersebut tidak dapat terpisahkan karena merupakan satuan kesaling-tergantungan yang utuh antar komponen. Ada banyak sekali perangkat tambahan yang disematkan pada CCTV namun semua itu hanyalah perangkat tambahan yang mendukung fungsi ketiga komponen diatas. Jika anda hanya punya tiga komponen diatas tanpa komponen tambahan lainnya maka CCTV tetap berfungsi dengan baik.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen