Macam-macam Alat Fitness serta Fungsi dan Cara Menggunakannya

Pengalaman pertama kali mengikuti latihan gym memang terkadang menjadi pengalaman yang cukup menakutkan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena nantinya Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam alat fitness yang mungkin asing untuk Anda. Untuk itulah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi seputar macam-macam alat fitness beserta dengan fungsi dan cara menggunakannya.

Mengenal jenis-jenis alat fitness ini memang sangat penting untuk dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan alat tersebut. Untuk Anda yang penasaran jenis-jenis alat tersebut, berikut ini informasi penting untuk Anda.

Macam-Macam Alat Fitness dan Fungsinya

1. Treadmill

Di urutan pertama ada treadmill dimana alat yang satu ini sangat popular dan hampir selalu ada di tempat gym. Alat satu ini bisa membantu Anda untuk latihan jalan maupun lari dengan posisi di tempat.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengatur kecepatan dan mengatur alat ini ke mode latihan dimana kecepatan akan berubah-ubah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh pengguna. Untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan treadmill, sebaiknya gunakan kecepatan rendah.

2. Pec Deck Fly

Untuk Anda yang ingin melatih otot dada dan mengembangkan ukurannya, pec deck fly merupakan alat fitness yang cocok untuk Anda. Alat yang satu ini terdiri dari beberapa bagian seperti dudukan dengan sandaran dan alat untuk tarikannya. Untuk menggunakannya, Anda bisa langsung duduk dan menarik bagian tarikannya sekuat mungkin.

3. Leg Press Machine

Leg press machine masuk ke dalam jenis-jenis alat fitness yang mudah ditemukan di tempat gym. Leg press ini memiliki fungsi untuk membantu Anda latihan meningkatkan dan membentuk otot paha maupun betis. Untuk menggunakan alat satu ini cukup mudah. Anda juga dapat mengatur beban sesuai dengan kemampuan Anda dalam latihan.

4. Static Bicycle

Static bicycle ini sendiri merupakan alat fitness dimana memiliki bentuk seperti sepeda tetapi hanya berjalan di tempat. Alat ini dapat membantu para pengguna untuk melatih otot-otot pada daerah kaki. Selain itu, dapat membantu untuk membakar lemak ataupun cardio. Untuk menggunakan alat ini, Anda bisa mengayuh layaknya sedang mengendarai sepeda. Anda juga bisa menentukan kecepatan dan tekanannya.

5. Bench

Bench sendiri merupakan alat yang memiliki bentuk seperti tempat duduk fleksibel. Adapun fungsinya adalah untuk melatih otot bahu, punggung, dada dan otot lainnya. Bench ini sendiri ternyata dibedakan menjadi 3 jenis yakni flat bench, decline bench dan incline bench.

6. Barbell machine

Selain alat-alat diatas, masih ada jenis alat gym lainnya yakni barbell machine. Alat yang satu ini dilengkapi dengan batang barbell beserta dengan piringan dan penopangnya yang berfungsi agar gerakan lebih stabil ketika mengangkat. Untuk menggunakan alat satu ini sangat mudah, Anda hanya cukup mengangkatnya.

Demikian macam-macam alat fitness serta fungsi dan cara menggunakannya. Masih ada jenis-jenis alat fitness lainnya yang bisa Anda temukan. Dengan mengetahui deretan alat diatas, kami harap Anda  sudah siap mengikuti latihan.

About the Author: adminalbertcohen