Manfaat Akupuntur yang Harus Anda Ketahui

Akupuntur adalah salah satu metode pengobatan yang efektif untuk dilakukan. Akupuntur telah dikenal sejak jaman sebelum masehi di China. Sebagai pengobatan tradisional, akupuntur terbilang unik sebab cara untuk mengobati pasiennya adalah dengan menusuk bagian tertentu pada kulit. Meskipun ditusuk dengan jarum ke kulit namun akupuntur tak akan membuat sakit. Namun justru dapat meredakan rasa sakit.

Berikut ini telah kami telah merangkum beragam manfaat akupuntur yang dapat anda dapatkan:

1. Membantu mengurangi sakit kepala

Apabila anda kerap merasakan sakit kepala sebelah atau migrain serta sakit kepala yang sering muncul, ada baiknya untuk mencoba melakukan akupuntur sebab akupuntur dapat menjadi alat non-farmakologis yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala kronis. Ini telah dibuktikan oleh Center for Complementary Medicine University of Munich tahun 2009 yang melibatkan 2.137 orang.

 

2. Nyeri koronis

Nyeri kronis sangat mengganggu penderitanya. Namun apabila anda mengalaminya, cobalah menggunakan akupuntur sebagai cara untuk menyembuhkannya sebab penggunaan akupuntur sebagai pereda nyeri kronis telah terbukti. Nyeri yang bisa ditangani bermacam-macam ada yang nyeri pada bagian lutut, arthritis, leher, dan punggung.

Salah seorang pasien menuturkan bahwa hanya dalam 8 minggu melakukan akupuntur ia telah tak lagi dibayangi sakit kepala. Pasien ini adalah satu dari sekian banyak orang yang ikut dalam riset yang dilakukan oleh Memorial Sloan-Kettering Department of Epidemiology and Biostatistics pada tahun 2012.

 

3. Mengatasi insomnia

Insomnia menghantui sebagian besar orang. Bagi orang yang mengalami insomnia, tidur adalah sebuah kemewahan yang tak selalu dapat diperoleh. Beruntungnya insomnia dapat diatasi dengan akupuntur berdasarkan riset yang dilakukan pada 2009 silam oleh Beijing University of Chinese Medicine.

Dalam penelitian tersebut dibuktikan bahwa akupuntur memiliki efek yang lebih baik dalam mengatasi insomnia ketimbang hanya menggunakan jamu dan obat saja.

 

4. Meningkatkan pemulihan kanker

Akupuntur dapat meningkatkan jumlah trombosit, kekebalan tubuh, mencegah penurunan sel-sel akibat kemoterapi. Karena begitu efektif, banyak kemoterapi yang dikhususkan untuk pasien pasca kemoterapi.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen