Manfaat Mengonsumsi Jambu Air Dalhari

Bibit jambu air dalhari di halaman rumah sudah semakin besar, buahnya juga sudah semakin banyak saatnya memanen buah yang manis dan berair ini. Selain rasanya yang manis jambu air dalhari juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jambu air dalhari mengandung banyak vitamin A dan C, kalsium, tiamin, serat, zat besi dan niasin. Dengan berbagai nutrisi tersebut jambu air dalhari memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah :

Mampu mengontrol diabetes

Bagi anda yang menderita penyakit diabetes jangan khawatir untuk memakan jambu air dalhari. Karena jambu air dalhari memiliki kandungan yang mampu untuk mengendalikan kadar gula darah. Sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Mampu mengatasi diare dan perut kembung

Jambu air dalhari mampu mengatasi diare dan perut kembung karena mengandung banyak serat serta memiliki kandungan air sampai 93%. Selain itu jambu air dalhari juga mampu menangani masalah pencernaan.

Mendinginkan tubuh saat demam

Kadar air yang tinggi di dalam jambu air dalhari mampu meringankan atau menormalkan suhu tubuh kita disaat cuaca panas. Selain itu kadar air yang terkandung tersebut dapat menurunkan panas demam serta membantu mencegah terjadinya stroke. Serta mampu menghidrasi tubuh kita ketika kehilangan cairan saat melakukan pekerjaan.

Melawan infeksi jamur

Senyawa organik di dalam jambu air dalhari diketahui mampu melawan infeksi jamur dan mikroba lainnya. Senyawa tersebut juga diketahui mampu membunuh mikroba jahat yang membahayakan tubuh serta membunuh cacing yang ada di dalam saluran pencernaan anda.

Mengurangi resiko kanker payudara dan Prostat

Jambu air dalhari diketahui mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Bagi laki-laki yang rutin mengkonsumsi jambu air dalhari akan mengurangi resiko terjadinya kanker prostat sedangkan bagi perempuan yang rutin mengkonsumsi jambu air ini akan dapat mengurangi resiko kanker payudara.

Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat dan air yang terdapat pada jambu air dalhari diketahui bisa membantu membersihkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan komplikasi kardiovaskular.

Merawat kesehatan mata

Jambu air dalhari mengandung vitamin A yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Dengan kekurangan vitamin A akan membuat kesehatan mata kita terganggu. Beberapa gangguan pada mata yang akan terjadi apabila kekurangan vitamin A yaitu nyctalopia dan degenerasi macula akibat usia yang terus bertambah

Mempampu mempercantik kulit

Jambu air dalhari dikenal dapat membuat kulit anda terlihat cantik. Hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena kandungan vitamin A dan C di dalam jambu air ini sangat tinggi. Vitamin A dan C berfungsi sebagai antioksidan. 100 gram jambu air dalhari mengandung vitamin C yang sama dengan jeruk mandarin yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Jambu air dalhari mempunyai sifat diuretik. Sifat diuretik ini dapat membantu membersihkan hati dan ginjal anda. Selain itu jambu air dalhari juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh anda sehingga sangat cocok mengkonsumsi jambu air dalhari dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

Demikian manfaat yang terkandung di dalam jambu air dalhari. Tetap konsumsi jambu air dalhari setiap hari secara rutin. Agar semua nutrisi yang terkandung di dalamnya masuk ke tubuh anda dan membuat tubuh anda tetap sehat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/bibit-tanaman-jambu-air-dalhari.htm

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen