Mengenal IG Reels, Fitur Baru Instagram 2021

Aplikasi Instagram memang tidak hentinya melakukan upgrade pada fitur-fitur yang disediakan. Setelah adanya fitur IG TV, IG Live, Story, AR Filter, sekarang Instagram baru merilis fitur terbarunya yaitu IG Reels. Dengan fitur ini, Anda tidak hanya bisa membuat video story biasa. Namun fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat video singkat berdurasi 15 detik dengan pilihan efek, audio, dan tools kreatif lainnya.

Selain hal di atas, dengan menggunakan IG Reels, Anda dapat menggabungkan beberapa klip untuk dijadikan satu video utuh. Beberapa orang menganggap fitur ini hadir untuk menyaingi aplikasi kompetitor yaitu Aplikasi TikTok. Seperti yang kita tahu bahwa aplikasi Instagram terus membuat perubahan dengan tujuan agar para penggunanya semakin betah dan tidak pindah ke aplikasi lain.

Mengenal Fitur IG Reels

Munculnya fitur ini dibarengi dengan hadirnya berbagai macam fitur pendukung yang membuat IG Reels semakin menarik. Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa memulainya seperti halnya menggunakan Instagram story ataupun Instagram Live. Anda hanya perlu masuk ke bagian icon Reels yang ada beranda bagian tengah bawah. Berikut ini adalah beberapa fitur pendukung yang ada di Instagram Reels.

A. Fitur Audio

Fitur pendukung yang satu ini bisa membantu Anda dalam mencari serta menggunakan lagu atau musik yang berasal dari musik Instagram. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan audio sendiri dengan hanya merekam Reels. Jika Anda mengunggah Reels dengan audio asli Anda. Maka nantinya audio Anda akan tertulis nama Anda sebagai creatornya.

Jika akun Instagram Anda adalah akun publik, maka pengguna lain dapat menggunakan audio Anda dengan cara pilih “gunakan audio” dari video reels yang telah Anda buat.

B. Fitur Efek AR

Untuk Anda yang ingin membuat video yang lebih kreatif dan beda dari yang lain. Anda bisa menggunakan fitur efek AR. Dengan fitur pendukung ini, Anda bisa membuat beberapa klip dengan efek yang berbeda. Anda bisa memilih berbagai macam efek yang dibuat oleh Instagram sendiri ataupun creator lain di seluruh dunia.

C. Fitur Timer

Hampir sama dengan aplikasi TikTok, Instagram Reels juga memiliki fitur pendukung timer atau hitung mundur. Jadi, para creator dapat merekam video secara handsfree. Setelah menekan tombol rekam, Anda akan melihat hitungan mundur sesuai dengan timer yang Anda pilih sebelum Reels benar-benar merekam Anda.

D. Fitur Menggabungkan Beberapa Video Klip

Dengan fitur ini, Anda dapat menggabungkan beberapa klip video. Hal ini akan mempermudah para creator untuk membuat efek transisi seperti mengganti baju ataupun objek lainnya. Selain itu, Reels juga bisa menggabungkan beberapa video yang Anda unggah melalui galeri Ponsel.

E. Fitur Pengaturan Kecepatan dan Slow Motion

Dengan menggunakan Fitur IG Reels, Anda bisa langsung mengedit video langsung di aplikasi Instagram. Fitur Reels menyediakan fitur pendukung yang bisa memperlambat atau mempercepat bagian video atau audio yang telah Anda pilih. Hal ini tentu akan sangat membantu para creator untuk membuat video lebih menarik. 

Pengguna Reels bisa membuat video atau audio yang dipilih menjadi lebih cepat atau lebih lambat. Hal ini tentu akan membantu para pengguna untuk membuat video yang tetap mengikuti irama lagu atau membuat video dengan gerakan slow motion.

Itulah beberapa penjelasan mengenai fitur Instagram terbaru yaitu Instagram Reels. Selain berguna untuk hiburan atau membuat video lucu-lucu, fitur ini juga bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis loh. Nah, untuk Anda yang tertarik menggunakan fitur IG Reels sebagai media  promosi. Anda bisa menggunakan jasa social media management. Didukung oleh tim profesional dan sudah ahli dibidang digital. Tentu mereka akan lebih paham bagaimana memaksimalkan IG Reels untuk media promosi. 

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen