Mengenal Ragam dan Jenis Cairan Pembersih Karpet

karpet ballroom

Karpet indah yang menghiasi lantai rumah Anda, bisa menjadi sangat kotor dan membahayakan kesehatan. Karena karpet merupakan penutup lantai yang sudah pasti rentan dengan kotoran, bakteri dan kuman, debu bahkan noda dari tumpahan minuman dan sisa-sisa makanan. Untuk itu demi menjaga kesehatan dan kebersihan karpet perlu dibersihkan secara teratur. Dan paling tidak karpet harus dibersihkan minimal enam bulan sekali demi menjaga diri dan keluarga dari kuman dan alergi debu serta gangguan kesehatan lainnya.

Ada berbagai macam jenis cairan pembersih karpet yang dapat digunakan. Mulai dari cairan pembersih yang sangat sederhana yang banyak ditemukan di rumah Anda atau dengan cairan pembersih profesional yang memang dibuat secara khusus untuk membersihkan karpet. Pada dasarnya sangat banyak pilihan cairan pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan karpet mulai dari merek, harga, maupun jenisnya.

karpet ballroom

Menggunakan Cairan Pembersih Rumah Tangga

Jika anda tidak memiliki anggaran untuk membeli cairan khusus pembersih karpet, anda dapat menggunakan cairan pembersih rumah tangga lainnya semisal deterjen yang biasa digunakan untuk pakaian. Masukkanlah ke dalam wadah 1 sendok takar deterjen yang dicampur dengan 1 liter air hangat. Semprotkan cairan tersebut di atas permukaan karpet, lalu kemudian gunakanlah sikat halus untuk membersihkan noda noda yang membandel pada karpet.

Pastikan untuk segera mengeringkan karpet yang telah dibersihkan untuk menghindari lembabnya karpet, karena lembabnya karpet akan menyebabkan bau yang tidak sedap dari karpet tersebut. Perlu diperhatikan juga, sebelum melakukan pembersihan secara total ada baiknya melakukan uji coba pembersihan karpet di bagian-bagian tersembunyi untuk melihat apakah deterjen yang digunakan cukup aman dan tidak merusak karpet.

Menggunakan Campuran Produk Alami

Anda juga bisa melakukan uji coba dengan menggunakan sedikit soda kue dan cuka sebagai campuran cairan pembersih untuk karpet anda. Sebelum menggunakannya, Anda hanya perlu membersihkan noda-noda pada karpet dengan cairan sabun dan apabila noda tersebut sulit dibersihkan Anda dapat memberikan campuran soda kue dan cuka terlebih dahulu, kemudian gosoklah karpet dengan menggunakan sikat lembut ataupun spon dengan cara yang lembut. Dan perlu dipastikan karpet harus segera dikeringkan.

Menggunakan Cairan Pembersih Karpet Khusus

Dengan menggunakan cairan pembersih karpet khusus anda tidak perlu merasa ragu dan khawatir, apakah cairan pembersih tersebut akan merusak karpet. Karena cairan pembersih tersebut memang dibuat secara khusus dan profesional untuk merawat karpet anda. Yang perlu diperhatikan adalah ikutilah petunjuk aturan pakai dari cairan pembersih karpet tersebut.

Penggunaan cairan pembersih karpet yang disebutkan diatas tidak hanya digunakan untuk membersihkan karpet tertentu saja, namun juga dapat digunakan untuk karpet jenis lainnya, misalnya karpet masjid. Hanya saja frekuensi pembersihan karpet harus dilakukan lebih sering, karena karpet masjid digunakan setiap hari dan trafik atau jumlah jamaah yang hadir cukup banyak.

Demikian tips bermanfaat yang dapat kami sampaikan, untuk memenuhi kebutuhan karpet, Anda dapat mengunjungi situs seperti planetkarpet.com, sebagai salah satu produsen dan penyedia karpet terpercaya.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen