Mengintip Kelebihan dan Kekurangan Cat Interior Dulux

cat interior

Cat adalah salah satu kebutuhan dasar dalam memperindah sebuah tampilan rumah. Dinding yang tertutup cat dengan sempurna, akan memberikan kesan rumah yang nyaman dan menarik. Di antara banyaknya cat yang ada, cat interior Dulux adalah salah satu cat yang cukup populer.

Dulux dapat dikatakan sebagai salah satu merk cat dengan banyak peminat di pasaran. Banyaknya varian yang dimiliki, membuatnya cukup banyak dilirik oleh para konsumen. Cat ini juga memberikan berbagai penawaran menarik sehingga konsumen lebih percaya menggunakan produknya.

cat interior

Cat Interior Dulux

Dulux menghadirkan varian cat bukan hanya untuk interior rumah, namun juga untuk eksterior. Di samping populernya nama Dulux di pasaran, jika Anda ingin menggunakan cat ini tidak ada salahnya melihat kekurangan dan kelebihannya.

1. Kelebihan Dulux

a. Banyak Varian Warna

Cat Dulux ini banyak diminati oleh konsumen karena memiliki varian warna yang cukup beragam. Bahkan Anda bisa memesan dengan warna tertentu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Hal ini sangat menguntungkan karena rumah terlihat lebih berbeda dan nuansa baru.

b. Mudah Dibersihkan

Salah satu keunggulan cat Dulux adalah mudah dibersihkan. Pada saat ada noda atau kotoran yang menempel pada permukaan dinding, Anda bisa dengan mudah membersihkannya. Caranya juga sederhana cukup mengelap atau menyikatnya secara halus.

c. Lebih Tahan Lama

Kualitas cat Dulux memang sudah cukup teruji. Cat ini terbilang awet dan warna yang tidak mudah luntur. Bahkan cat Dulux dapat bertahan hingga 5 tahun kedepan dengan tampilan serta warna yang tetap sama. Hal ini tentu akan menghemat pengeluaran belanja cat.

d. Memiliki Green Label

Sertifikat Green Label adalah sejenis sertifikat yang menjelaskan bahwa produk tersebut telah sesuai dengan standar kesehatan. Hal ini menunjukkan Dulux sebagai cat yang ramah lingkungan dengan kadar bau yang lebih rendah.

Varian produk yang dimiliki oleh Dulux bahkan ada yang tahan air serta mengandung anti bakteri. Dengan keunggulan ini memang pantas ketika banyak orang yang menggunakan cat Dulux dalam memberikan warna pada huniannya.

2. Kekurangan Dulux

a. Harga Relatif Lebih Mahal

Secara umum, Dulux memang memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan cat pada umumnya. Walaupun sebenarnya harganya masih masuk akal ketika berbicara tentang kualitas yang dihasilkan.

b. Teksturnya Lebih Cair

Dulux memiliki tekstur cat yang lebih cair. Akibatnya adalah, proses pengecatan harus dilakukan berkali-kali agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini tentunya akan lebih boros cat dan membuat cat cepat habis.

Tekstur cat yang lebih cair juga membuat pekerjaan selesai dalam waktu yang lebih lama. Para pekerja harus menunggu cat kering terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan ulang. Tentunya tidak efisien dan lebih banyak membuang waktu dalam prosesnya.

c. Mengandung VOC Tinggi

VOC atau Volatile Organic Compound merupakan sejenis bahan kimia yang dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan cat. Zat ini akan menguap ketika terkena suhu dengan temperatur tertentu. Uap yang dihasilkan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Cat yang memiliki kadar VOC tinggi, selain mengancam kesehatan bagi penghuninya juga akan mencemari lingkungan. Apalagi jika di rumah ada anak kecil, sangat penting mempertimbangkan sisi kesehatan di samping kualitas cat yang didapatkan.

Secara garis besar, cat interior Dulux merupakan jenis cat yang cukup populer dan memiliki kualitas yang bagus. Di samping keunggulan yang dimiliki tentunya tetap ada kekurangan. Bijak dalam menentukan pilihan akan sangat berpengaruh pada kenyamanan dan kesehatan keluarga di rumah.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen