Pengertian Aplikasi dan Contohnya

Apa itu aplikasi

Mungkin, sudah seringkali Anda mendengar istilah aplikasi, terlebih di era modern saat ini. Bagaimana sih peran aplikasi sendiri dalam kehidupan sehari-hari? Sebelum lanjut membahas hal tersebut, baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu aplikasi. 

 

Apa itu Aplikasi?

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan aplikasi? Menurut website Majapahit Teknologi, aplikasi yaitu merupakan serangkaian program yang memungkinkan user untuk melakukan fungsi tertentu.

Aplikasi terdiri dari beberapa fitur tertentu yang menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya. 

Contoh Aplikasi

Apa itu aplikasi

Aplikasi pengolah kata, lembar kerja dan pemutar media merupakan contoh utama dari perangkat lunak itu sendiri.

Sementara contoh aplikasi yang sering digunakan dalam aktivitas sehari hari, diantaranya adalah sebagai berikut :

Instagram

Merupakan aplikasi yang banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar pengguna untuk berbagai foto dan video serta mendapatkan informasi.

Tak jarang, aplikasi ini juga dijadikan sebagai sarana promosi atau marketing mengingat banyaknya jumlah pengguna Instagram.

Whatsapp

Aplikasi berbasis sosial media chatting satu ini sudah familiar di kalangan milenial. Sepertinya, Whatsapp kini menjadi bagian wajib yang perlu dimiliki oleh pengguna smartphone karena berbagai layanan menarik yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut.

Youtube

Tak kalah populernya dari Instagram dan Whatsapp, Youtube juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna smartphone di berbagai belahan dunia lho.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Youtube bisa dijadikan sebagai sarananya dengan menjadi seorang youtuber. 

 

Fungsi dan Manfaat Aplikasi

Setelah mengetahui apa itu aplikasi beserta contohnya, kini Anda juga perlu memahami apa saja fungsi dan manfaat dari aplikasi itu sendiri.

Sederhananya, aplikasi dimunculkan guna memberi kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai bidang kehidupan.

Diantara fungsi dan manfaat aplikasi sendiri yakni mencakup di bidang pendidikan, kesehatan, militer serta ekonomi bisnis. 

 

Penutup

Demikianlah informasi singkat mengenai apa itu aplikasi, contoh serta fungsi dan manfaatnya.

Semoga bermanfaat bagi Anda ya! Jangan lupa unduh berbagai aplikasi yang menurut Anda bermanfaat untuk mempermudah aktivitas harian Anda di Google PlayStore.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen