Pengertian dan Konsep Pemasaran Online (Online Marketing)

pemasaran online

Di era yang serba digital seperti sekarang ini memang membawa pengaruh dan dampak yang besar di dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan berbagai kebutuhan dan aktivitas sudah semakin mudah, salah satunya pada bidang marketing ada pemasaran online untuk menjangkau konsumen lebih luas.

Pemasaran secara tradisional atau manual perlahan sudah mulai ditinggalkan, karena dinilai kurang efektif pada berbagai hal. Sehingga dengan memanfaatkan teknologi yang sudah maju, pemasaran suatu produk atau jasa bisa lebih efektif daripada sebelumnya.

Pengertian Pemasaran Online

pemasaran online

Online marketing atau pemasaran online adalah salah satu bentuk strategi dalam memasarkan produk atau layanan melalui fasilitas-fasilitas online seperti sosial media, website, email, search engine ads dan masih banyak lagi.

Beberapa fasilitas internet di atas ada yang berbayar tapi ada juga yang gratis. Secara garis besar setidaknya ada 3 jenis pemasaran online yang paling banyak dipakai oleh banyak pemilik bisnis di Indonesia yaitu : 

1. SEO

SEO atau search engine optimization adalah salah satu teknik dalam meningkatkan peringkat di hasil penelurusan search engine, sehingga akan meningkatkan traffic dan sales / penjualan.

2. SEM 

SEM atau search engine marketing merupakan teknik digital marketing untuk beriklan di search engine. Paling banyak adalah beriklan di google ads, namun seringkali SEM juga sekaligus memegang strategi digital marketing di sosial media.

3. Social Media Marketing

SMM adalah salah satu bentuk pengoptimalan bisnis dengan memanfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, youtube dan lain sebagainya.

Konsep Pemasaran Online

Konsep pemasaran online sendiri adalah suatu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk melakukan penjualan di dunia maya atau secara online melalui media internet. Kepuasaan konsumen perlu diperhatikan, supaya bisa sukses memasarkan produknya.

Kualitas produk memang adalah hal utama dalam berbisnis, apalagi membuat produk mempunyai kualitas yang baik tidaklah cukup. Para pelaku bisnis harus tetap memasarkan produknya sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen, dengan tetap meningkatkan kualitas dan inovasi produk.

Contoh Pemasaran Online

1. Memasang Iklan di Blog

Salah satu contoh dalam pemasaran online adalah melakukan pemasangan iklan ke dalam blog. Anda bisa memilihnya karena memang ada blog-blog tertentu yang menawarkan pemasangan iklan karena trafik pengunjungnya bagus, sehingga Anda dapat memanfaatkan kesempatan itu.

2. Membuat Iklan di Channel YouTube seorang Vlogger

Pembuat konten bukan menjadi profesi yang asing di telinga, apalagi saat ini video-video di YouTube banyak diakses dan disukai banyak orang. Anda bisa memanfaatkan hal itu untuk melakukan promosi produk, sehingga orang-orang yang menonton video tersebut mengetahui produk Anda.

Contoh lain pemasaran online yaitu : 

  • Content marketing di website dan social media
  • Iklan di media sosial
  • Iklan di search engine
  • Email marketing
  • Affiliate marketing

Pemasaran online memang sangat dibutuhkan di dalam memasarkan produk untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas dengan efisien. Sehingga marketing bisa tetap dilaksanakan tidak terbatas waktu dan tempat, dengan begitu produk akan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen