Pengertian RAM dan Fungsinya

Pengertian RAM

RAM identik dengan komputer, laptop, dan smartphone. RAM yang besar akan membuat proses menjadi lebih cepat. Makanya, smartphone saat ini memiliki RAM minimal 4GB untuk menyeimbangkan dengan perkembangan aplikasi maupun game.  Tapi jika ukuran RAM sudah besar, namun smartphone tetap lele, coba cara membersihkan RAM HP android berikut ini.

Apakah Anda tau RAM itu apa, sejarahnya, dan fungsinya? Jika tidak, simak artikel dibawah ini.

 

Apa itu RAM?

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Ini adalah jenis penyimpanan yang dapat dibaca secara acak, memungkinkan mempercepat proses tertentu, seperti memuat data atau program. Perlu dicatat bahwa RAM adalah penyimpanan sementara yang kehilangan informasinya saat dimatikan.

Pengertian RAM

Bentuk RAM

RAM bisa datang dalam berbagai bentuk, termasuk solid state drive (SSD) dan stik DIMM. Namun, biasanya berbentuk papan panjang dengan banyak chip yang disolder ke satu sisinya. Bentuk biasanya persegi, dengan takik di satu sisi. Chip RAM biasanya berwarna perak atau emas.

Ukuran RAM

Chip RAM dulu hanya memiliki dimensi yang sama dengan floppy disk (kecil dan mudah dibawa-bawa), tetapi saat ini, sebagian besar RAM berukuran sekitar 15 cm kali 2,5 cm dan secara signifikan lebih tebal daripada sebelumnya.

Bagaimana RAM dibuat?

Chip RAM dibuat dengan menumbuhkan lapisan silikon dioksida di atas wafer silikon dan kemudian mengukir lubang yang sangat kecil, biasanya lebih kecil dari titik di akhir kalimat ini, di dalamnya. Kemudian kotoran seperti fosfor ditembakkan melalui lubang untuk membuat koneksi antara setiap bagian chip. Wafer kemudian dipotong menjadi irisan tipis untuk menjadi chip RAM, yang dikemas dan dijual.

Bagaimana cara kerja RAM?

RAM modern bekerja dengan jaringan kabel yang membawa listrik dari satu chip ke chip lainnya sekaligus, makanya berjalan sangat cepat. Hal ini memungkinkan data yang disimpan pada sebuah chip dapat diakses oleh komputer dalam waktu yang hampir singkat.

Sejarah RAM

Bentuk pertama dari RAM adalah memori elektrostatik, yang digunakan pada awal abad ke-20 tetapi memiliki banyak masalah dan tidak pernah menjadi populer. Namun, itu meletakkan dasar bagi bentuk lain dari penyimpanan data komputer yang akan datang kemudian. Kemajuan besar berikutnya datang pada tahun 1956 dengan memori inti ferit, yang menyimpan informasi pada loop kawat yang diatur dalam kotak dan dapat diakses secara acak. Ini mengambil lebih sedikit ruang daripada memori elektrostatik tetapi tidak cepat.

Bentuk modern pertama dari RAM adalah dynamic random access memory (DRAM), yang tidak lagi mengharuskan pengguna untuk membaca data baris demi baris seperti bentuk penyimpanan yang lebih lama. Sebagai gantinya, pengguna bisa membacanya secara acak. Hal ini membuat komputer jauh lebih cepat, tetapi juga lebih rentan terhadap kehilangan data saat komputer dimatikan, agar memori tidak kehilangan isinya, sejumlah kecil listrik harus terus-menerus dikirim melalui chip.

Kedua masalah ini terpecahkan ketika flash RAM menjadi populer di awal tahun 2000-an. Memori flash mirip dengan DRAM karena menyimpan data tanpa sumber daya yang konstan tetapi juga tidak memiliki bagian yang bergerak seperti hard drive, membuatnya cepat dan andal. Memori flash telah menjadi sangat populer dan digunakan pada hal-hal seperti USB flash drive dan beberapa jenis RAM yang lebih baru.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen