Skill yang Membuat Anda Semakin Garang di Dunia Bisnis Online

Berkembangnya dunia digital membuat bisnis online kian digemari. Bagaimana tidak, dengan menekuni bisnis online, seseorang bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah hanya bermodalkan laptop atau smartphone dan kuota internet saja. Meski begitu, untuk terjun ke dunia ini tidaklah mudah. Ada beberapa skill, baik itu soft skill maupun hard skill yang harus dimiliki. Berikut ini adalah ringkasan di ambil dari vaz.biz.id tentang skill tersebut.

Hard Skill yang Harus Dimiliki Pebisnis Online

1. Memahami teknologi

Karena bisnis online adalah salah satu kegiatan yang berkaitan erat dengan digital, Anda perlu mengetahui dasar-dasar tentang teknologi. Selama menjalani bisnis online, Anda tidak akan terpisah dari smartphone, email, media sosial, perbankan, dan lain-lain. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang hal-hal tersebut agar langkah Anda tidak terseok-seok di pertengahan jalan.

2. Kemampuan copywriting

Keahlian ini adalah kunci dari keberhasilan bisnis online Anda. Copywriting adalah bagaimana Anda menuliskan baik itu konten maupun iklan yang mampu menggerakkan calon customer Anda untuk melakukan pembelian atau berlangganan. Pada awalnya, mungkin akan sedikit susah untuk mempelajari keterampilan ini. Namun, dengan latihan yang tekun, semakin lama Anda akan semakin terbiasa.

Mengenai sumber pembelajarannya, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Sudah ada banyak sumber yang bisa Anda akses untuk belajar copywriting, baik itu dari Google maupun Youtube. Bahkan, pelatihan-pelatihan online mengenai copywriting juga sudah banyak tersedia dengan biaya yang cukup ringan.

4. Desain

Tidak perlu terlalu mahir, pengetahuan tentang dasar-dasar warna, tata letak objek, dan kesesuaian tema sudah cukup untuk menjadi bekal Anda dalam menjalani bisnis online. Untuk urusan desain yang lebih rumit, Anda bisa menggunakan jasa desain atau meminta bantuan kepada teman Anda yang memiliki kemampuan di bidang desain. Tentu saja, sebaiknya Anda memberikan tanda terima kasih kepadanya.

5. Perencanaan keuangan

Seperti bisnis offline, bisnis online pun juga harus memiliki bekal manajemen keuangan yang baik. Hal ini bertujuan agar perputaran modal bisa berjalan dengan baik dan menghindari kerugian. Anda harus bisa mengatur modal, biaya operasional, dan lain-lain dengan matang.

Soft Skill yang Harus Dimiliki Para Pebisnis Online

1. Kemauan untuk terus belajar

Mau tidak mau, dunia bisnis online pasti akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya zaman. Sebagai contoh, dahulu bisnis online hanya sekadar menjual barang melalui internet saja. Sedangkan saat ini, bisnis online sudah semakin luas, seperti menjadi freelancer, dropshipper, bahkan konten kreator atau juga influencer.

Cara mendapatkan perhatian customer pun juga berkembang. Ada istilah funneling atau perjalanan calon customer hingga menjadi pelanggan. Bukan tidak mungkin akan ada hal-hal baru lagi di dunia bisnis online. Oleh sebab itu, kemauan Anda untuk terus belajar hal-hal baru sangat dibutuhkan.

2. Kreativitas

Bermain bisnis online sama saja dengan bertarung kreativitas. Anda akan menemui berbagai kompetitor dengan ide-ide brilian. Satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah tetap berinovasi dan berkreasi agar tidak tersaingi oleh kompetitor tersebut. Untuk meningkatkan kreativitas, Anda perlu banyak membaca, menonton video edukasi, berjejaring dengan para pebisnis online lainnya, dan sebagainya.

Itulah tadi keterampilan yang perlu Anda miliki jika memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis online. Jika Anda baru pertama kali mencicipi dunia ini, Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk beradaptasi dengan fitur-fitur dan kemampuan yang harus dimiliki. Namun, jika Anda memiliki niat yang kuat dan kemauan yang keras, semua itu pasti bisa Anda lewati dan segera mendapatkan hasil yang manis.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen