Teknik Cara Membuat Patung Kayu

Patung kayu adalah hasil dari tangan tangan yang kreatif dan memiliki skill tinggi, karena dari kayu utuh bisa dibentuk menjadi berbagai model patung, seperti patung dewa, patung hewan sampai patung manusia. Itu semua dibuat dengan tangan dan pahat dengan teknik mengukir.

Dikota jepara tepatnya di desa mulyoharjo banyak sekali pemahat yang membuat berbagai patung dengan ukuran besar seperti aslinya. Seperti dewa dan juga hewan lainnya, itulah kenapa patung kayu memang memiliki nilai seni yang tinggi dengan harga yang relatif mahal, karena untuk membuatnya membutuhkan keahlian khusus dan imajinasi yang tinggi.

Kita karena orang jepara melihat teknik cara tukang ukir yang memahat kayu utuh menjadi sebuah produk patung yang bagus dan menarik, jadi disini kita akan membahasnya dengan yang kita ketahui untuk memberikan anda beberapa informasi mengenai teknik membuat patung kayu.

Teknik cara membuat patung kayu

1. Teknik pakai gergaji

Sebelum di ukir, kayu digergaji disesuaikan desainnya, misal hewan singa, kayu gelondong di gergaji senso menjadi seukuran dan model singa, ini adalah tahapan awal sebelum menuju tahap kedua yaitu mengukir

2. Teknik pakai pahat

Setelah sudah di model dari gergaji, tahap  kedua adalah pemahatan untuk membuat model yang diinginkan, semisal patung singa akan diukir bulu dan sampai kepala dan kaki, model menyesuaikan bisa duduk, maupun berdiri. Ini disesuaikan dengan keinginan sama si pemesannya.

Patung sendiri merupakan salah satu kerajinan kayu yang banyak dijumpai di kota jepara. Anda bisa memesannya langsung dengan cara datang ke kota ini maupun memesannya melalui toko online seperti dewamebel.com berbagai produk kayu ada disana.

Dalam proses pembuatan patung dibutuhkan waktu yang lama, bisa berbulan bulan sampai produk jadi, karena dalam proses tahap demi tahap menggunakan tangan dan tidak menggunakan mesin sama sekali, hal ini yang membuat harga dari patung kayu ini tinggi, karena disamping nilai seni yang bagus, juga memiliki desain unik yang cocok sebagai hiasan dirumah maupun di kantor anda.

Berbagai produk dihasilkan di kota jepara ini, banyak yang membuat untuk keperluan keagamaan sampai hiasan dirumah. Inilah kenapa kota jepara terkenal dengan kota ukir, baik mengukir patung kayu maupun lainnya. Mungkin sudah cukup kami membahas bagaimana teknik membuat patung kayu. Disini kami menjelaskan sesuai yang kami ketahui sendiri di kota jepara.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen