Teknologi Terbaru MacBook Pro dan Air M1 2020, Kamu Wajib Tahu!

Pada November tahun lalu diperkenalkan, kini MacBook Pro dan Air M1 resmi dijual di Indonesia. Kedua laptop Apple tersebut secara resmi dijual oleh salah satu distributor Apple di Indonesia.

MacBook Pro dan Air M1 merupakan produk Apple yang dinantikan penggemarnya di Tanah Air. Kedua perangkat tersebut memiliki keunggulan masing-masing, apalagi kini telah menyematkan chip Apple M1.

Di Indonesia MacBook Pro hadir dengan dua pilihan warna yakni silver dan space grey. Sedangkan MacBook Air memiliki tiga pilihan warna berbeda yakni gold, space grey, dan silver.

Memiliki desain hampir yang hampir sama, yakni dengan layar 13,3 inci dengan panel Retina Display. Namun, keduanya menyasar segmen pasar yang berbeda, dengan beberapa spesifikasi yang berbeda.

Kedua laptop ini membuat penasaran penggemar gadget, dan kini Anda bisa mendapatkannya. Namun sebelum membeli, yuk ketahui dulu apa saja yang baru dari MacBook Pro dan Air M1 besutan Apple ini.

Chip Apple M1

Prosesor MacBook Pro dan Air terbaru ini disematkan chip tercepat di dunia yakni Apple M1. Chip M1 merupakan chip pertama buatan Apple Inc yang digunakan sebagai CPU Macintosh.

Untuk MacBook sendiri keping chip ini dipakai MacBook series MacBook Air 2020, Mac Mini, dan MacBook Pro 13 Inci. Menurut informasi bahwa chip ini dirilis pada 17 november 2020.

Pada MacBook Pro 13 Inci M1 2020 menggunakan chip Apple M1 CPU 8 core dengan 4 core performa serta 4 core efisiensi. Ditambah GPU 8 core dengan Neural Engine 16 core, sehingga laptop menjadi lebih cepat ketika memproses.

Sedangkan MacBook Air M1 disematkan chip Apple M1 dengan opsi GPU antara 7 core dengan 8 core. Dari segi CPU dan Neural Engine sama dengan versi Pro, dari segi chip keduanya tidak jauh beda.

Magic Keyboard

Kedua pengakat ini sama-sama mengusung Magic Keyboard pada papan ketiknya, yang sebelumnya menggunakan Keyboard Butterfly. Papan ketik MacBook baru ini memiliki hanya berjarak 1 mm antar tombol.

Dengan jarak yang cukup dekat membuat kotoran susah masuk, sehingga tidak terjadi penyumbatan pada tombol. Hal tersebut meminimalisir kerusakan pada papan ketik yang akan menghambat pekerjaan.

Adapun spesifikasi papan ketik dan trackpad pada MacBook M1 2020, diantaranya:

– 78 tombol (AS) / 79 tombol (ISO) dan versi pro 65 tombol (AS) dan 66 tombol (ISO). Dilengkapi dengan 12 tombol Sensor  fungsi, 4 tombol panah, dan susunan T terbalik.

– Sensor cahaya

– Trackpad Force Touch untuk mengontrol kursor agar akurat.

Sensor Touch

Sensor touch merupakan teknologi terbaru yang disematkan Apple pada perangkatnya. MacBook dilengkapi sensor touch id yang berguna untuk membuka laptop, membeli produk Apple, hingga menggunakan Apple Pay.

Kedua MacBook 2020 ini dilengkapi dengan sensor touch yang berguna untuk kenyamanan dan keamanan pengguna Mac. Dengan dukungan sensor touch pada touch bar memberikan nilai lebih pada Mac.

MacOS Big Sur

MacBook Pro dan Air terbaru dilengkapi OS tercanggih di dunia yakni MacOS Big Sur. MacOS Big Sur merupakan sistem operasi terbaru dari Apple dengan desain baru yang lebih memikat.

Keunggulan dari OS ini yakni membuat aplikasi tersusun rapi dan ringkas di desktop. Sehingga mempermudah pengguna untuk mengakses ikon aplikasi favorit, dengan bentuk baru yang lebih seragam.

Adapun beberapa fitur utama MacOS Big Sur diantaranya, yakni:

– Menu bar yang diperbaharui

– Dock melayang

– Ikon aplikasi terbaru

– Tampilan lebih terang

– Suara sistem lebih baru

– Dan simbol baru di seluruh OS

Teknologi Layar

Seperti generasi sebelumnya, untuk layar kedua MacBook memakai layar Retina Display berukuran 13,3 dengan 2.560 x 1.600 piksel. Ditambah teknologi true tone yang nyaman di mata.

Selain itu lengkap dengan rentang warna P3 luas, yang dapat memberikan layar dengan palet warna lebih berwarna. Sekitar 25 persen lebih berwarna dari pada warna sRGB, sehingga warna akan terlihat lebih hidup dengan layarnya yang terbentang.

Akhir Kata

MacBook Air M1 dan MacBook Pro M1 memiliki kelebihan dari segi spesifikasi dan performa. Sehingga tidak heran fitur baru di atas membuat MacBook 2020 ini memiliki keunggulan lebih dari pesaingnya.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen