Top 5 Parenting Tips Anak Remaja yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Remaja adalah suatu masa dimana terjadi suatu peralihan usia dari anak-anak menuju dewasa. Selain mental dan emosional yang belum stabil, rasa ingin tahunya akan sesuatu hal cukup tinggi. Sehingga, membekali anak remaja dengan beberapa nasehat dan ilmu menjadi sebuah solusi terbaik agar tidak salah langkah. Tentu Anda harus melakukannya dengan sebijak mungkin. Agar tidak salah langkah dalam memberikan arahan, ada baiknya Anda menyimak parenting tips berikut ini yuk.

Referensi Top 5 Parenting Tips Untuk Anak Remaja

Masa pertumbuhan remaja merupakan suatu hal yang menantang karena berkaitan dengan perkembangan emosi maupun kognitif anak. Beberapa referensi pengasuhan yang terbaik untuk anak remaja bisa Anda simak pada beberapa poin berikut ini.

  • Menjadi Pendengar yang Baik

Selain faktor pubertas, pergaulan pun terkadang menjadi persoalan yang harus Anda perhatikan dengan baik sebagai orang tua. Posisikan diri Anda sebagai pendengar yang ulung agar anak Anda mudah menyampaikan segala keluh kesahnya. Jika efektif, maka hal ini dapat menghindarkan anak dari kenalan remaja.

  • Beri Ruang Privasi Untuk Anak

Jika sebelum remaja Anda menganggap semua permasalahan anak adalah tanggung jawab Anda. Kini Anda harus memberi sedikit ruang untuk menyimpan privasinya. Misalnya berkenaan dengan tidak langsung membuka ponselnya tanpa seizin anak.

  • Sepakati Aturan-Aturan yang Penting

Biasakan untuk memberikan alasan ketika melarang sesuatu hal pada anak. Hal ini akan membantu anak untuk memahami semaunya tanpa merasa tertekan dan terpaksa. Termasuk didalamnya berkaitan dengan aturan-aturan dasar, seperti tidak pulang melebihi jam 9 malam.

  • Pemberian Apresiasi

Meski bukan lagi anak-anak, memberikan sebuah apresiasi atas suatu pencapaian adalah hal yang perlu Anda lakukan. Dengan demikian maka anak akan merasa dihargai keberadaannya.

  • Senantiasa Memberi Motivasi Demi Cita-Citanya

Segala hal yang berkaitan dengan usia remaja berkaitan erat dengan masa depan. Untuk itu, Anda harus bisa mendukung dan memberikan motivasi demi tercapainya cita-cita di masa mendatang. 

Tips Sukses Parenting yang Dilakukan Orang Tua

Agar segala bentuk parenting tips tersebut berjalan dengan lancar, maka Anda sebagai orang tua harus bisa menjadi panutan. Sebisa mungkin Anda pun harus menjaga keharmonisan keluarga, karena segala sesuatunya akan diamati oleh anak. Sehingga akan berpengaruh pada pembentukan mental dan emosi seorang anak, khususnya saat mereka remaja.

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai parenting tips untuk anak remaja yang bisa Anda jadikan referensi. Untuk informasi serupa silakan perbanyak referensi dari sumber lain yang relevan. Semoga bermanfaat.

Sumber: bondanita.com

About the Author: adminalbertcohen