Usaha Ternak yang Menguntungkan dan Mudah untuk Pemula

Pada artikel kali ini saya akan membagikan usaha ternak yang menguntungkan dan relatif mudah untuk pemula. Selain mendapatkan keuntungan, anda juga akan berkontribusi untuk kesediaan pangan di daerah anda, bahkan nasional. Yuk simak beberapa usaha ternak modal kecil di bawah ini.

Usaha Ternak yang Menguntungkan

Usaha Budidaya Kambing

Jenis peternakan lain yang paling menguntungkan di lahan sempit adalah peternakan kambing. Dengan sebidang tanah di samping rumah, Anda bisa memulai bisnis peternakan kambing. Penulis juga sudah lama melakukan peternakan kambing di rumah. Dari modal awal seekor kambing seharga Rp. 500 ribu, kini sudah beranak pinak hingga memiliki lima ekor kambing.

Gunakan mesin pencacah rumput dan mesin chopper rumput untuk membuat pakan kambing agar cepat gemuk.

Peternakan kambing merupakan salah satu jenis hewan ternak yang paling menguntungkan pada waktu singkat. Selain itu, kambing cukup mudah dirawat. Penduduk desa sering menjadikan peternakan kambing sebagai usaha sampingan selain bekerja sebagai buruh serta petani di sawah. Berdasar pada data di lapangan, harga dari kambing dewasa saat ini telah mencapai Rp. 2 juta per kepala.

Usaha Budidaya Bebek

Bisnis peternakan yang tak kalah menjanjikan keuntungan besar di tahun ini dan kedepannya adalah bisnis beternak itik. Salah satu peternak bebek yang penulis temui di sawah mengaku dari beternak bebek bisa membeli rumah mewah dan mobil Avanza. Jumlah itik yang ia budidayakan sekitar 5.000 ekor. Jika dalam 1 hari seekor bebek menghasilkan satu butir telur, maka omset dari penjualan telur tersebut sekitar Rp. 10 juta per hari (5000 itik x Rp 2000).

Singkat kata, beternak itik selain mudah dijalankan juga dapat membuat seseorang kaya dalam waktu singkat. Rincian biaya modal usaha ternak itik antara lain pembuatan kandang itik, belanja obat, biaya pakan dan vitamin itik, pembelian 5000 bibit itik, upah buruh dan lain sebagainya.

Usaha Budidaya Ikan Lele

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan lele berkumis yang satu ini. Ikan lele merupakan makanan favorit banyak orang dengan cara dimasak atau digoreng. Untuk mendapatkan menu lele bisa anda dapatkan di gerai bisnis pecel lele pinggir jalan atau rumah makan. Usaha budidaya ikan lele menjadi salah satu jenis ternak yang sangat menguntungkan dalam waktu singkat. Karna masa panen relatif singkat. Dalam waktu kurang dari dua bulan, lele sudah dapat dipanen dengan harga jual Rp 36 ribu per kilogram.

Untuk budidaya lele sangat mudah dijalankan bahkan untuk pemula karena lele memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah mati dan tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membudidayakannya. Dengan lahan sempit memakai pekarangan rumah, sudah bisa membuka usaha budidaya ikan lele pada kolam terpal plastik. Salah satu pembudidaya lele di desa penulis mengaku omzet bersih dari usaha lele sekitar Rp. 10 juta per bulan.

Usaha Peternakan Burung

Usaha beternak burung merupakan salah satu usaha ternak yang menguntungkan di lahan yang sempit. Seperti yang dilakukan oleh kerabat penulis yang membuka usaha penyu, murai batu, kace, nuri, kakatua dan lovebird. Disebut bisnis peternakan yang menguntungkan karena jumlah peminat burung di Indonesia sangat banyak. Dan setiap tahun terus bertambah.

Untuk membuka usaha peternakan burung, Anda bisa membangun sangkar burung di dalam rumah atau di samping rumah. Salah satu kerabat penulis mendirikan usaha peternakan burung di salah satu kamar kosong di lantai atas rumah. Usaha peternakan burung dapat dijadikan sebagai usaha sampingan serta rumahan dengan prospek yang cerah.

Itulah pembahasan kali ini tentang usaha ternak yang menguntungkan dan mudah untuk pemula. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen