WOW! Inilah 5 Makanan yang Cukup Ekstrim yang Terbuat dari Bahan yang Tak Biasa

Jika kita membahas tentang makanan khas Indonesia atau bahkan di dunia, sepertinya tidak pernah ada habisnya. Ada begitu banyak jenis makanan yang berada di sekitar kita. Dan dari sekian banyak makanan yang ada, tentu ada makanan yang belum pernah kita makan.

Di Indonesia ada banyak sekali macam makanan, belum lagi yang ada di dunia. Dari berbagai macam bentuk, rasa dan berbagai macam kreasi inovasi yang dapat disajikan didalam makanan. Bahkan ada juga makanan yg di kalangan masyarakat jika kita makan maka sifatnya tabu atau aneh dilihat oleh orang lain karena hal yang tidak pernah dimakan di masyarakat kemudian kita mencoba memakannya sehingga dilihat oleh orang sekitar seperti aneh atau tabu. Disini kita akan membahas 5 makanan ekstrim yang yang pernah ada. Berikut adalah penjelasannya,

1. Paniki

Makanan ekstrim yang pertama yaitu ada Paniki. Paniki merupakan seekor kelelawar yang biasanya memakan buah-buahan, dan dijadikan makanan khas suku minahasa salah satu suku yang ada di indonesia yang terletak di sulawesi. Biasanya oleh orang minahasa paniki dimasak dengan santan. Pada umumnya kelelawar pemakan buah mempunyai tubuh yang lebih besar dari kelelawar lainnya, sebab itu kelelawar jenis ini dipilih untuk membuat orang yang memakannya menjadi lebih puas dalam menikmati makanan tersebut.

Cara memasaknya dengan membakar kelelawarnya terlebih dahulu supaya bulu-bulu yang ada di badannya menghilang. Kemudian dimasak dengan santan dan rempah-rempah lainnya seperti, bawang putih, serai, cabai, bawang merah, dll. Di Indonesia ada beberapa daerah yang memakan hewan yang satu ini yaitu seperti Maluku, Pulau Kalimantan dan Yogyakarta.

2. Didih

Makanan ekstrim yang selanjutnya yaitu ada Didih. Didih merupakan makanan yang berasal dari darah sapi, atau bisa darah kambing atau juga bisa darah ayam yang  cara pembuatannya dengan di kukus. Didih atau biasa disebut juga saren ini di kukus hanya dengan menambahkan garam secukupnya saja dan kemudian di santap. Kalian jika ingin mencoba makanan ekstrim ini bisa di jumpai di daerah Jawa Timur yang penjualnya menjual khusus gulai.

3. Belalang Goreng

Makanan ekstrim yang selanjutnya yaitu ada Belalang Goreng. Belalang goreng merupakan kuliner makanan yang dapat kalian jumpai dengan mudah di gunung kidul. Dulu masyarakat memakan belalang goreng ini karena harga ayam yang sangat mahal sehingga belalang ini yang menggantikan ayam sebagai lauk untuk dimakan. Belalang yang biasanya untuk dikonsumsi yaitu belalang kayu yang berwarna coklat yang ukurannya lebih besar dari ukuran belalang sawah. Pengolahannya cukup mudah dan butuh ketelitian, bagian dalam belalang dibersihkan lalu digoreng dan di berikan bumbu.

4. Sambal Tumpang

Makanan ekstrim yang selanjutnya yaitu ada Sambal tumpang. Sambal tumpang merupakan makanan yang berbahan dasar tempe tetapi yang digunakan adalah tempe busuk yang masih memiliki bau busuk. Kemudian pengolahannya dengan ditumis dengan berbagai rempah-rempah, penyedap rasa dan santan. Bau dari sambal tumpang ini sangat khas dengan bau busuk yang ada pada tempenya. Makanan ini populer di Jawa Tengah

5.  Puthul

Makanan ekstrim yang selanjutnya yaitu ada Puthul. Puthul merupakan hewan berjenis kumbang yang biasanya ada di musim hujan di dedaunan.  Di daerah gunung kidul puthul digunakan sebagai bahan dasar utama untuk membuat makanan. Cara pengolahannya, puthul dibersihkan terlebih dahulu dengan air sebelum diolah kemudian diberi bumbu bacem dan ditiriskan lalu digoreng.

About the Author: adminalbertcohen