Yang Harus Anda Lakukan untuk Menjadi Seorang Psikolog Klinis

Banyak orang yang masuk ke jurusan Psikologi, dengan tujuan ingin jadi psikolog. Tapi tentu saja jalan untuk sampai ke target tersebut, tidak bisa dikatakan mudah. Psikolog klinis, adalah sebutan tepat untuk seorang psikolog yang bekerja di dalamnya.

Apa itu psikolog klinis

Jika dalam artian sempit psikolog klinis, adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku seseorang yang abnormal atau juga subnormal.

Sedangkan untuk arti secara luas, dapat diartikan sebagai, bidang psikologi yang akan mempelajari serta membahas hambatan emosional pada seorang manusia, tapi tidak memandang apapun orang tersebut sub normal atau abnormal.

Tugas seorang psikolog klinis

Seseorang yang ingin jadi Psikolog klinis, sudah tentu halus lulus dari jurusan Psikologi. Dimana dalam tugasnya, akan membantu pasien, yang mengalami kesehatan jiwa yang kurang baik. Dengan cara melakukan sesi wawancara klinis, observasi perilaku, atau juga tes psikometri, guna membantu pasien dalam mengidentifikasi masalah, untuk mencari jalan keluarnya.  

Adapun layanan yang diberikan, biasanya cukup beragam, mulai dari :

  • Layanan konsultasi hubungan manusia ketika berada di tempat kerja.
  • Layanan konsultasi untuk mereka yang ingin tidak ingin bersekolah.
  • Pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga
  • Dan yang lainnya.

Seseorang yang berprofesi di bidang psikolog Klinis, sudah tentu akan melayani dalam bidang kesehatan umum. Biasanya dengan mensosialisasikan kebiasaan hidup yang sehat, dan membantu mengembangkan tingkah laku manusia, guna menunjang kesehatannya.

Walau ada juga profesi sejenis, yang memberikan layanan secara medis. Biasanya fokusnya, untuk memberikan penanganan psikologis pasien dan juga keluarga pasien, yang mengalami jenis penyakit tertentu.

Umumnya layanan seperti ini, tidak hanya di rumah sakit saja, namun bisa juga diberikan di sekolah, industri, dan yang lainnya.

Harus lulus S2

Apabila Anda ingin menjadi seorang Psikolog Klinis, maka yang harus dilakukan dalam masuk ke GoKampus. Cari kampus yang menyediakan jurusan Psikologi,dan jika sudah lulus, Anda akan menempuh studi tambahan, kali ini dengan jurusan Magister psikologi Profesi. Terutama yang berhubungan dengan spesifikasi Psikologi klinis.

Itu artinya untuk dapat mengambil jenis pekerjaan yang dimaksud, Anda harus lulus S2 terlebih dahulu. Karena dalam jurusan yang di maksud, Anda akan memperoleh beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan jenis pekerjaan yang dimaksud, seperti Biopsikologi, psikofarmakologi, dan yang lainnya.  

Walaupun setelahnya Anda tidak langsung dapat memperoleh pekerjaan yang dimaksud. Karena setelah lulus, Anda harus mengikuti sidang profesi yang dilakukan oleh HIMPSI. Apabila Anda dinyatakan lulus HIMPSI, berikutnya daftarkan diri menjadi salah satu anggota, kemudian mendaftarkan atau mengurus surat izin praktik Psikologi yang ada.  

Pengetahuan dan keahlian yang dimiliki

Dalam prospek kerja psikologi Klinis sendiri, tentunya ada beberapa pengetahuan dan juga keahlian yang harus dimiliki. Adapun beberapa pengetahuan serta keahlian yang dimaksud, adalah :

  • Memahami berbagai masalah kesehatan jiwa, dan berbagai pemicunya.
  • Mampu menilai kepribadian seseorang.
  • Mampu melakukan tes psikologi standar, untuk dapat secara efektif, menangani klien.
  • Mempunyai pengetahuan tentang penyakit kejiwaan yang luas. Serta mampu mendiagnosis, menangani bahkan mampu melakukan penelitian, mengumpulkan data, dari hasil komunikasi dengan pihak klien.   

Sertifikasi psikolog klinis

Seperti yang disebutkan di atas, untuk dapat menjalankan praktek psikolog klinis ini, Anda tidak dapat langsung memperolehnya setelah lulus kuliah S2. Namun Anda harus mengikuti sidang, dan memperoleh sertifikat tertentu. Sertifikat yang dimaksud adalah Sertifikat Pengukuhan Psikolog Klinis, atau yang disingkat jadi SPPK.

Dengan adanya sertifikat seperti ini, Anda akan memperoleh sertifikat yang menyatakan bahwa Anda mempunyai lisensi resmi, untuk membuka praktis, sebagai seorang psikolog klinis. Jika sudah demikian, maka Anda dapat mencari pekerjaan yang dimaksud, di rumah sakit, biro khusus, hingga membuka praktik individu.

Anda yang mempunyai sertifikat psikolog klinis seperti ini. Juga dapat melamar ke berbagai bidang pekerjaan lainnya, seperti HRD, atau yang lainnya. Walaupun sedikit melenceng, namun ilmu pengetahuan yang didapat, masih dapat digunakan, terutama dalam hal recruitment, atau dalam hal mendeteksi atau memperhatikan kinerja para pegawai itu sendiri. 

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen