Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Rumah Dijual di Depok

Sebenarnya ada banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli rumah. Namun pada artikel ini setidaknya harus mempertimbangkan 2 hal saja ketika ada rumah dijual di Depok. Apa kedua hal yang harus diperhatikan itu?

Biasanya developer perumahan akan menawarkan dua jenis rumah yakni rumah siap huni atau indent. Rumah siap huni merupakan rumah ready stock dimana fisik rumahnya sudah dibangun, sedangkan indent baru akan dibangun setelah akad jual-beli.

Berikut ini dua hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli rumah.

  • Legalitas

Kebanyakan masyarakat mencari rumah untuk dibeli dengan status SHM (Sertifikat Hak Milik) atau setidaknya SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).

Nah baik pembelian melalui KPR atau pembelian langsung kepada pemilik rumah maka aspek legalitas ini harus diperhatikan. Ketika membeli rumah dengan bentuk girik, mau tidak mau Anda tetap harus mendaftarkannya menjadi Hak Milik.

Pembelian yang bisa dibiayai melalui KPR pun hanya dua, yaitu Hak Milik (pembuktian dengan SHM) dan Hak Guna Bangunan (Pembuktian dengan SHGB). Pastikan Anda memiliki rumah dengan legalitas kedua status tersebut, karena hanya itulah yang diterima oleh pihak Bank.

  • Lokasi

Ketika Anda menemukan rumah dijual di Depok, maka hal yang harus diperhatikan juga adalah lokasinya. Lokasi ini juga ikut menentukan seberapa strategis sebuah rumah, apakah cocok peruntukannya, akses mudah dan prospektif untuk usaha di masa depan atau yang lainnya.

Bahkan beberapa orang tua zaman dulu pernah mengatakan bahwa memilih rumah itu sama halnya dengan mencari jodoh. Ini berarti tidak hanya dilihat dari tampilan fisik rumahnya, lebih dari itu harus menyertakan insting dan feeling agar lebih cocok.

Jangan pernah ragu mencari informasi yang cukup dari orang sekitar. Apalagi jika dijelaskan pula lokasi perumahan tersebut mengenai prospek ke depannya, mulai dari perkembangan infrastruktur hingga tata ruang wilayah.

Lebih spesifiknya lagi, lingkungan harus menawarkan kenyamanan agar rutinitas Anda sehari-hari tidak terganggu. Terutama perhatikan sistem drainasenya agar terhindar dari potensi bencana banjir.

Itulah dua hal yang harus diperhatikan ketika menemukan rumah yang dijual di Depok sebelum Anda membelinya.

You May Also Like

About the Author: adminalbertcohen